Paradigma Baru Dunia Komunikasi

0
122

ADVERTISING-INDONESIA.id – Media baru adalah terminologi yang digunakan dalam mengenal atau mengelompokkan berbagai media yang teknologinya bersifat digital, komputasi, dan terjaring. Media-media baru yang lahir di akhir abad 20 dikenal sebagai media digital yang karakternya sangat kuat dari segi kemampuan interaksi dan jaringan. Media ini sangat fenomenal ibarat anak jenius yang kemampuannya mencengangkan dan kehadirannya mengguncang kemapanan media tradisional yang sudah bertahan ratusan tahun. Internet, Situs-situs web, Komputer multimedia, Komputer game, Mobile media adalah contoh media-media baru yang penggunaannya terus berkembang. Menikmati Program TV, Radio, Film, Koran, Majalah dan Buku secara konvensional tereduksi secara perlahan hingga memunculkan gelombang ketakutan yang tinggi akan bubarnya media-media konvensional termasuk media mapan dalam waktu dekat (bukti nyata kejadian ini sudah sangat banyak).

Dunia sedang menyaksikan revolusi media yang menyatukan dunia ke dalam satu jaringan universal dimana audio, video, dan teks yang berasal dari seluruh penjuru dunia terhubung dengan cepat ke setiap media yang terkoneksi dalam jaringan besar. Media baru telah mengubah definisi jarak geografis dimana dunia menjadi tanpa batas. Media baru juga memungkinkan terjadinya volume komunikasi yang luar biasa baik dari segi frekuensi maupun intensitas. Kecepatan hampir tak terbatas dimana penyampaian pesan terjadi dalam hitungan detik dan interaksinya sangat-sangat cepat. Konsumen mediapun termanjakan dengan hadirnya teknologi konvergensi yang menyatukan berbagai alat atau technologi devices yang tadinya terpisah-pisah secara fisik namun saat ini bergabung ke dalam satu alat dan jaringan.

Apa yang terjadi selanjutnya dengan konsumen media? Mereka terpaksa harus mengubah cara mengonsumsi media, yang sebelumnya sangat tradisional atau konvensional. Ketergantungan kepada media lama secara perlahan mulai berubah sehingga media lama dipaksa untuk terus bertransformasi baik dari segi isi maupun cara penyampaian, bahkan sejumlah media lama yang dikenal sebagai pemimpin pasar sampai harus melakukan mediamorfosis agar tidak sampai bubar.

Awalnya hanya sekedar evolusi ketika komputer digital mulai terhubung melalui internet. Kecepatan masih menjadi masalah ketika era komputer-internet mulai muncul. Dunia kemudian dicengangkan dengan semakin ditemukannya teknologi baru yang memungkinkan penyampaian pesan dalam kecepatan tinggi. Paradigma komunikasipun menjadi berubah. Sebagai salah satu contoh, antara komunikasi interpersonal dan massal hampir tidak bisa lagi dibedakan sebab seluruh unsur-unsur pokok dalam proses komunikasi mengalami perubahan struktural. Diantara berbagai kebiasaan baru penggunaan media yang sangat berkembang adalah tumbuhnya kelompok atau komunitas web yang kerap disebut sebagai cyber-community. Walaupun aktifitas kegiatan komunikasi mereka berlangsung dalam dunia maya namun tingkat keterikatan emosional mereka sering sangat kuat bahkan memunculkan keajaiban-keajaiban komunikasi maya. Studi-studi tentang cyberculture yang khusus mengamati fenomena sosial yang berkaitan dengan komunikasi jaringan atau internet terus berkembang sebab media jaringan dianggap memberi dampak signifikan terhadap berbagai objek dan paradigma budaya.

 

Berita terkait:
– Hubungan Advertising Dengan Penjualan
– Mengapa Tugas Account Service Begitu Kompleks?
– Kemudahan Terintegrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here