Bincang-Bincang Ringan AI dengan Prof. Dr. Rudy Harjanto

0
1170

Dulu kita selalu mengenal question insight. Dulu kita selalu mengenal demografi lalu kita juga tahu dengan psikografi. Sekarang mungkin beda lagi, bukan soal psikografi saja tapi dia (audiens) maunya jadi apa. Setiap orang sekarang punya dream yang berbeda. Setiap tahun mereka bikin resolusi, setiap saat terjadi pergeseran-pergeseran dan buat saya itu penting karena kita sadar betul bahwa konsumenlah yang menentukan; Mereka sering mengambil keputusan berdasarkan review teman-temannya. Jadi kita harus merambah (memperluas) target audiens hingga ke peersnya mereka.  Jadi target audience harus diperluas, tetapi tetap punya kesamaan. Common understanding. Bisa jadi dia ‘pede’ tetapi dia gak yakin dengan pilihan dia, sehingga dia perlu penguatgan dari orang lain. Tanya teman. Itu yang menurut saya kita sering lupa.

Bagaimana tentang copy, teks, visual, dan layout. Kalau di media online space iklan itu sangat terbatas, apakah masih diperlukan dan relevan?

Visual dan copy masih penting, karena ketika kita berkomunikasi kita masih memerlukan supporting visual. Jadi masih relevan, namun sangat disarankan agar lebih efektif dalam pemilihan kata, gak lagi ngomong panjang-panjang. Tetapi dalam beberapa hal masih ada juga yang memerlukan kata yang panjang.

Diprediksi 10-15 tahun kedepan, adalah masa dimana generasi millenial yang disebut  gadget generation akan memegang peran penting: bagaimana nasib media konvensional?

Iklan pasti akan menyesuaikan diri dengan media mana yang paling cocok. Iklan akan mencari media yang relevan, sepanjang media itu masih eksis, maka iklan akan beradaptasi. Tantangannya sekarang bagaimana media cetak beradaptasi dengan media digital agar tetap eksis. Karena teknologi, biar bagaimanapun akan berkembang terus. Dulu kita tahu mesin cetak pakai  timah, setelah ditemukannya offset pakai offset, sekarang setelah ada web kita bisa mencetak jutaan lembar, kan itu teknologi. Bagaimanapun, media itu harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Artinya Media konvensional masih punya harapan untuk bertahan?

Menurut saya iklan pada dasarnya akan memakai semua teknologi yang ada. Ketika radio tumbuh, print mati gak? gak juga, ketika TV ada, radio mati gak? Itu karena media punya karakter audience yang berbeda-beda. Sepanjang media itu memiliki audience, media itu tidak akan hilang. Audience itu sekarang pegang peran, audiens bebas memilih media apa yang relevan dengan dirinya, itu sebabnya kita (media) perlu mengembangkan cara baru dalam menyikapi mereka (audiens). Media konvensional harus selalu sadar bahwa mereka hanya menjadi salah satu pilihan di tengah banyaknya pilihan media baru.

 

Berita terkait:
– Paradigma Baru Dunia Komunikasi
– Menjawab Tantangan Besar Profesi Account Management
– Mari Berpikir Skematik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here