Editorial:
Perusahaan dan Praktisi Advertising Indonesia Goes Global?

0
500

 

ADVERTISING-INDONESIA.id – Lewat media-media internasional yang khusus membahas kampanye brand dan advertising seperti The Campaign dan Ad Age, kita bisa melihat kiprah sejumlah agency terkemuka dan pendatang baru level regional dan dunia mewarnai geliat indutri periklanan global. Banyak berita, informasi dan analisis tentang aktifitas periklanan yang sangat potensial dalam membuka wawasan kita tentang perkembangan industri periklanan secara global. Media sekelas The Campaign dan Ad Age sangat rajin membuka dan mengemukakan persoalan yang dihadapi oleh perusahaan periklanan regional dan global termasuk pemenang advertising pitch, media spending trend, agency of the year, perpindahan eksekutif level management, serta isu-isu yang berkaitan dengan efek iklan.

Mereka melihat advertising itu sebagai bisnis global sebab ada begitu banyak brand yang beroperasi di ratusan negara dan membutuhkan pengananan global.   Tak heran maka kemudian banyak agency dari luar Indonesia masuk ke Indonesia serta menjalankan operasinya dengan panduan dan jaringan global. Pada umumnya mereka bertumbuh dan berkembang dengan cepat lewat sentuhan para technical advisor ‘muda’ yang mereka kirimkan ke Indonesia ditambah kuatnya infrastruktur dan jaringan global mereka.

Teori dan penemuan baru di bidang kampanye digital kerap disampaikan baik melalui wawancara langsung dengan tokoh kampanye digital atau akedemisi juga melalui seminar dan forum yang jumlahnya terus bertumbuh. Para praktisi di negara yang sudah menyadari betapa pentingnya kompetensi demi meraih sukses global sangat rajin mengikuti pertemuan sesama praktisi dimana mereka saling bertukar pengalaman dalam suasana yang santai, ramah dan berkelas. Client-client sangat menghormati mereka dan menerima kehadiran mereka murni sebagai konsultan dan teman diskusi yang handal.

Mereka sudah puluhan tahun goes global. Indonesia kemudian menjadi salah satu tempat mereka bertumbuh dan berkembang dan mempekerjakan ratusan bahkan ribuan profesional Indonesia. Pada saat mereka berkembang, jagoan-jagoan lokal Indonesia atau perusahaan lokal Indonesia justru bertumbangan dan menyisakan banyak cerita sedih. Keinginan untuk mengglobal sudah lama dicanangkan Matari dan Fortune dan sejumlah biro iklan asli Indonesia lainnya. Pada awalnya, mereka mencoba berafiliasi atau menjajaki kerjasama operasi. Namun pada akhirnya, setelah berkali-kali mengalami pergantian afiliasi akhirnya agency asli Indonesia tampaknya masih mengubur mimpi untuk mengglobal atau setidaknya berafilisi dengan salah satu agency di luar negeri. Alih-alih diakuisisi dan dikuasai oleh agency dengan jaringan global.

Untuk diperhitungkan menjadi salah satu pemain regional atau global memang membutuhkan sejumlah persyaratan ketat khususnya kesiapan modal dan infrastruktur, kompetensi (pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk berkompetisi), jaringan dan kepercayaan industri terkait terutama pemilik brand. Mungkin perusahaan agency asli Indonesia masih sulit berkibar di luar negeri, namun setidaknya kita harus bisa menguasai pasar Indonesia. Kita harus terus berjuang untuk menguasai rumah kita sendiri.

Sekalipun demikian, tokoh-tokoh periklanan Indonesia sangat percaya bahwa anak-anak muda Indonesia, pegiat industri periklanan Indonesia saat ini sudah berada pada level kompetensi cukup untuk bersaing setidaknya di tingkat regional. Namun mari kita buktikan lewat forum-forum profesional yang diadakan sebagai wadah bagi para pegiat industri periklanan Indonesia membiasakan diri berbicara pada forum publik dan mengetengahkan pokok-pokok pemikiran yang berwawasan global.

Perusahaan dan Praktisi Advertising Indonesia goes global? Itu Pasti! Go ahead kawan-kawan muda praktisi periklanan Indonesia. Kamu pasti bisa!

 

Berita terkait:
– Tantangan dan Peluang Periklanan di Kwartal Terakhir 2017
– Berperang Melawan “Robot” di Media Sosial
– Hangatnya Pertemuan Dengan Top Management IRIS Jakarta
– Pertemuan Advertising Indonesia Dengan Pimpinan Dentsu X

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here