Kamera Analog
Bukan Sekadar Nostalgia Tapi Menguji Keahlian

0
157


ADVERTISING-INDONESIA.id – Definisi fotografer kini konteksnya semakin rumit. Seorang fotografer idealnya harus menguasai ilmu fotografi analog dan bukan hanya foto digital? Padahal untuk menjadi seorang fotografer yang handal harus memahami dasar ilmu fisika, matematika dan kimia. Melalui ilmu inilah seorang fotografer bisa mengusai fotografi analog.

Kini, tren fotografi analog mulai booming. Hal itu karena sebagian fotografer sudah merasa bosan dengan fotografi digital. Dengan foto analog, seorang fotografer membutuhkan intuisi yang selaras dengan keahlian. Tidak mudah untuk mengeksekusi foto dengan kamera analog karena perlu perhitungan yang presisi. Namun tantangan itulah yang kini menjadi nilai tambah bagi fotografer di era digital.

Ada beberapa poin penting mengapa fotografi analog kembali timbul di era digital saat ini. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  1. Tantangan baru
    Menggunakan kamera analog memang menjadi tantangan baru. Berangkat dari jenis kamera yang digunakan dan bagian penting lainnya adalah memilih film. Pilihan film untuk kamera analog sangat terbatas yaitu mulai isi 12, 24 dan 36 dengan pilihan ISO seperti ISO 100, 200 dan 400. Film tersebut harus disesuaikan dengan keahlian kita untuk melakukan pengaturan ISO, exposure dan diafragma. Semuanya menjadi keseruan tersendiri.

  1. Menggali Ilmu Dasar Fotografi
    Bagi yang benar-benar mencintai fotografi, maka harus belajar lagi tentang dasar-dasar fotografi. Dasar fotografi ini hanya bisa di dapat di fotografi analog. Kita harus bisa memahami satu per satu fungsi ISO, Diafragma dan speed. Belum lagi harus dikombinasikan dengan ISO yang ada di film. Ingin pakai lensa berapa? Lensa 50mm? Lalu bagaimana objek yang harus di foto? Siang atau sore? Perlu filter lensa atau tidak? Itu semua menjadi dasar0dasar fotografi yang harus dipraktikan oleh seorang fotografer sejati.

  1. Kebanggan Tersendiri
    Terakhir, dengan menjadi fotografer analog adalah rasa kebanggaan. Rasa ini yang tidak bisa terbeli dengan apapun. Jika sudah menguasai analog, maka kita bisa berbicara dengan fotografer handal seperti Darwis Triadi ataupun Arbain Rambey. Jadi kita tidak lagi canggung apalagi malu jika berbicara seputar fotografi karena kita harus mengetahui dasar-dasar fotografi yang bisa ditemui di kamera analog.


– KLM’s Flight Upgrader: Memberi Pengalaman Maya nan Berharga
– Software Blender: Gesit Urusan Render
– Autodesk Maya: Andalan Studio Animasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here