Wawancara eksklusif
Harris Thajeb Bicara Terbuka Soal Industri Periklanan Indonesia

0
1380

SOAL P3I

AI: Apa kendala yg dihadapi P3I dalam mengajak perusahaan periklanan agar lebih kompak?
HT:
Fokus saya adalah membangun daerah-daerah lewat asosiasi. Dalam waktu 2 tahun, Alhamdulillah banyak yg tertarik dan gabung dengan P3I. Memang, meraka banyak bergerak di bidang billboard, cuma sudah kita ubah mental mereka. Yang awalnya hanya di billboard daerah, sekarang sudah merambah ke Jakarta. Seperti di Medan, ada anggota yg punya 1000 titik. Itu sebuah kekuatan sendiri. Kekompakan antara pusat dengan daerah mulai dilirik. Harapan saya, daerah ini dekat sekali dengan Pemda karena OOH (Out of Home) yang mereka miliki itu. Itu jadi kekuatan sendiri. Jika ingin akses kesana, cukup menghubungi mereka. Kekuatan itu harus kita berdayakan demi mendorong destination branding.

AI: Bagaimana P3I mengatasi persaingan agar lebih sehat?
HT:
Menurut saya harus ada regulasi. Tapi soal regulasi ini saya suka bingung, di luar negeri bisa taat. Di luar negeri tidak ada undang-undangnya tapi bisa taat. Kalau disini, dikasih teguran hanya iya-iya saja, bisa sampai 40 kali melanggar.

AI: Apakah ini karena SDM lokal kurang kompeten?
HT: Sekarang ini sebetulnya banyak seminar & training yang bisa diikuti. Kita di bidang industri ini apa sih asetnya? Asetnya kita sendiri.

AI: Apa yang dilakukan P3I dengan sertifikasi tenaga lokal?
HT: Sertifikasi itu sedang kita persiapkan. Waktu itu ada Certified Workshop, kita bisa merambah ke 5-6 universitas. Namun dengan hilangnya sponsor maka hilanglah acara tersebut. Padahal saat itu kita sedang mempersiapkan orang yang siap pakai di industri. Saat ini kita perkuat juga ke UMKM dan HIPMI. Pembicaranya sudah disusun. SDM kita tidak kalah dengan SDM luar negeri. Cuma orang kita kurang dari segi percaya diri.

 


– Wawancara Narga Habib (Mantan Ketua Dewan Pertimbangan P3I)
– Wawancara Eksklusif Indra Abidin (Tokoh Industri Periklanan Indonesia)
– Wawancara Khusus Ariyanto Zainal (President Director MACS909)
– Wawancara Eksklusif Dengan Bimo Setiawan, Founder Brand Media Id: Otoritas…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here