Mengenali Benefit Sponsorship di Tim Pabrikan MotoGP

0
1454
Motor balap di ajang MotoGP sebagai medium branding tercepat di dunia dengan kekuatan fans yang loyal.


ADVERTISING-INDONESIA.id – Pernahkah Anda sadari bahwa di dunia ini hanya ada 2 program olahraga yang ditonton jutaan pemirsa setiap minggu? Program itu tak lain adalah F1 dan MotoGP. Hanya kedua program ini yang menjangkau seluruh dunia dimana Indonesia menjadi salah satu pemirsa terbesar untuk penonton MotoGP. Dan tahukah Anda bahwa aktifitas MotoGP bukan sekadar balap? Namun begitu banyak aktifitas marketing dan advertising yang terlibat didalamnya.

MotoGP adalah ajang dengan fans paling fanatik di seluruh dunia. Dari 18 seri yang dilangsungkan, minimal ada 16 seri yang ditonton. 74% dari fan MotoGP adalah usia 16 hingga 35 tahun dan 70% dari penonton MotoGP adalah laki-laki sedangkan 30% lagi dari kalangan wanita. Mereka semua adalah “Die Hard Fan” of MotoGP yang tidak ingin ketinggalan setiap ketegangan yang tercipta di setiap serinya.

MotoGP adalah salah satu medium yang sangat kuat untuk aktifitas branding. Dengan TV sebagai media utama, 9 dari 10 fans MotoGP memilih brand karena berasosiasi dengan MotoGP dan fakta lain mengungkapkan bahwa 87% pemirsa menonton MotoGP bersama sahabat dan keluarganya. Fakta-fakta ini yang membuat MotoGP begitu bernilai untuk sebuah aktifitas branding.

Bukan Sekadar Balapan

Tim balap MotoGP layaknya sebuah sebuah perusahaan yang melakukan Integrated Marketing Communication (IMC) dimana perhelatan ini bukan sekadar balap motor di sirkuit. Tapi lebih dari itu dimana setiap tim pabrikan menawarkan kerjasama dengan berbagai sponsor untuk bermitra dan bersama-sama membesarkan brand sponsor. Ambil contoh tim pabrikan Yamaha dimana ia menawarkan kerjasama dengan pihak sponsor untuk mengikuti berbagai aktifitas dalam berbagai aktifitas seperti berikut ini

1. Branding
Kekuatan branding logo sponsor melekat di motor yang digunakan pembalap. Logo tersebut semakin dominan ketika kamera menyorot logo sponsor pada saat balapan. Pemirsa dapat mengasosiasikan branding sponsor kedalam memori mereka ditambah dengan emosi yang mengalir pada saat menonton balapan.

2. Public Relations
Aktifitas Public Relations (PR) tim balap MotoGP juga dikembangkan ke berbagai aktifitas PR seperti “Meet & Greet” ke sebuah negara tertentu demi menemui fans lalu ada juga agenda “Media Road Show” dimana aktifitasnya adalah wawancara dengan berbagai media massa di sebuah negara.

3. Merchandising
Merchandising ini meliputi penempatan logo di kemeja, racing suits hingga aksesoris. Bagi fans MotoGP, memiliki merchandise seperti ini adalah kebanggaan tersendiri dan sedangkan bagi brand, hal ini menandakan bahwa posisi brand mereka sudah mencapai tingkat brand admire.