Peran Advertising Agency untuk Bank dan Belanja Masyarakat:
Natal 2017 Akan Menjadi Natal yang Paling Sepi

0
550


ADVERTISING-INDONESIA.id – Fenomena tutupnya berbagai gerai retail pakaian di Indonesia tentu akan membawa perubahan yang signifikan di dunia retail Indonesia. Apalagi nanti disaat menjelang Natal. Bisa jadi tahun ini adalah tahun yang paling sepi diantara Natal dari tahun-tahun sebelumnya. 

Data Nielsen yang menjelaskan bahwa masyarakat kelas A dan B lebih banyak menyimpan uang di bank akan menjadi pekerjaan rumah bagi orang bank. Bagaimana mungkin bank bisa mendapatkan profit jika tidak bisa memutar uang? Begitu banyak uang yang disimpan di bank namun tidak bisa diputar itu sama saja seperti memiliki Mercedes Benz namun hanya di parkir di garasi.

Di kwartal terakhir ini, bank seharusnya banyak bekerjasama dengan advertising agency untuk memperkuat brand awareness dan mendorong sales terutama untuk momentum Natal dan Tahun Baru nanti.

Pasifnya masyarakat kelas A & B untuk membelanjakan uangnya secara tidak langsung ikut berdampak pada roda ekonomi nasional. Peran pemerintah menstimulus belanja masyarakat tidak direspon dengan cepat. Stimulus yang dikeluarkan pemerintah hanya menyentuh kebijakan industri besar sehingga sangat panjang untuk bisa menstimulus belanja di tingkat masyarakat.

Bank dengan kekuatan working capital seharusnya bisa mendorong belanja masyarakat di berbagai kelas. Meskipun diakui bahwa belanja di kelas A dan B lebih mudah ketimbang di kelas lainnya. Berbagai fasilitas belanja perlu didorong dengan berbagai program promosi yang bekerjasama dengan berbagai gerai retail di Indonesia. Apalagi tren belanja kelas A dan B saat ini bergeser dari belanja konvensional ke belanja online.

Bank dengan jumlah dana tabungan yang sangat besar dari nasabah, seharusnya bisa memutarkan dana tersebut dengan berbagai program-program untuk mendorong belanja. Misalnya dengan membuat program belanja dengan kartu kredit di gerai retail, belanja dengan debit ataupun dengan merchant. Untuk mendorong program belanja tersebut, bank perlu bekerjasama dengan advertising agency atau advertising agency memberikan proposal inisiatif untuk mendorong belanja masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here