|
Menurut data IDC, Samsung berada di posisi pertama menjadi merk smartphone paling laku di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 30 persen. Meski masih menjadi yang terkuat, pangsa pasar Samsung di tahun ini menurun dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu dengan persentasi sebesar 32,2 persen.
Menyusul di posisi kedua, ada Oppo yang berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 25,5 persen. Berbeda dengan Samsung, pangsa pasar Oppo justru memperlihatkan tren positif karena naik dari 16,7 persen dibandingkan perolehan pada kuartal yang sama di tahun 2016 lalu.
Pada posisi ketiga, diisi oleh perusahaan smartphone asal Tanah Air Advan dengan pangsa pasar sebesar 8,3 persen. Pencapaian yang diraih Advan ini tak lepas keberhasilan mereka mengembangkan ekosistem IdOS, yang menawarkan sejumlah fitur keamanan seperti XLocker dan Privacy Protector.
Sementara secara berurutan dari posisi keempat dan kelima diisi oleh Vivo dengan persentase 7,5 persen dan Xiaomi dengan total penjualan sebesar 5,2 persen.
“Vivo dan Xiaomi adalah perusahaan China yang paling terkenal di pasar smartphone Indonesia karena mereka memperoleh pangsa pasar. Vivo melanjutkan kegiatan pemasarannya yang agresif, mirip dengan Oppo,” terang IDC dalam situs resminya
– Xiaomi Mi 7, Rilis Maret 2018
– Diluar Whatsapp, 8 Aplikasi Ini Juga Diblokir di China
– China Tendang Skype dari Toko Aplikasi