TVC Teh Botol Sosro
Klasik Tapi Nge-Kick!

0
588


ADVERTISING-INDONESIA.id – Teh Botol Sosro termasuk salah satu brand dan produk yang memiliki tagline kuat di Indonesia. Teh Botol Sosro dengan tagline “Apapun makanannya, minumnya… Teh Botol Sosro” sangat kuat menancap di benak target marketnya selama puluhan tahun. Maka dari itu, untuk membuat iklannya perlu konsep kreatif dan eksekusi yang kuat. Dan kali ini Teh Botol Sosro telah berhasil mewujudkannya.

TVC Teh Botol Sosro versi “Makan-makan” sudah ditayangkan di TV swasta nasional hingga di platform Youtube. Jika menonton TVC ini di TV Nasional tentu durasinya sangat terbatas, tapi cobalah menontonnya di Youtube dimana durasi iklan ini diputar dengan durasi 1 menit. Hingga review ini ditulis, sudah ada 39.368x ditonton dengan 59 orang menyukai dan 25 orang tidak menyukai TVC ini.

Dari TVC ini terlihat sekali bahwa tim kreatif Teh Botol Sosro mampu mengolah data secara rasional lalu dikembangkan dengan imajinasi sehingga menghasilkan kreatifitas yang kuat. Terlihat mulai dari customer behavior dari range usia yang lebar dengan insight yang begitu dalam. Dalam TVC tersebut terlihat bagaimana target market selalu memiliki kebiasaan “makan-makan” dalam berbagai kondisi dan kebudayaan. Mulai dari usia muda hingga tua semuanya senang makan-makan. Aktifitas apapun, ujung-ujungnya juga makan-makan. Bahkan dalam situasi emosional apapun tetap saja, makan-makan. Fakta dan kebiasaan pelanggan inilah yang diangkat oleh Teh Botol Sosro untuk dijadikan keunikan untuk meraih awareness dan kedekatan (proximity) dengan target market.

Twist-nya Asik

Di beberapa angle yang diangkat dalam TVC ini sangat menarik. Di awal-awal frame terlihat bagaimana setiap angle mewakili target dan segmentasi. Ada sekitar 4-5 frame yang merepresentasikan target dan segmentasi tertentu. Hingga akhirnya pada end shot, muncul tagline Teh Botol Sosro yang fenomenal yaitu “Apapun makanannya, minumnya… Teh Botol Sosro.” Perbedaan kebiasaan dan budaya dari pola “makan-makan” itulah yang akhirnya disatukan oleh Teh Botol Sosro. Hal inilah yang kami anggap bahwa twist TVC Teh Botol Sosro menjadi asik dan keren! Jadi meskipun tagline-nya klasik, tapi cara nge-twist iklan ini nge-kick target market.


– TVC Youtube Red Doorz Risiko Dibalik Iklan “Offensive”
– Creative Review: Review Iklan ‘Berdagang Jujur’
– Print Ad IKEA: Iklan Cetak Interaktif untuk “Mengikat” Target Market
– TVC Shopee: Beli Semua di ShopeeTren Menjadi “Pintu Masuk” Hidupkan Brand Awareness Shopee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here