Mengeruk Rupiah Dari Youtube ala Via Vallen dan Nella Kharisma

0
399

ADVERTISING-INDONESIA.id – Sama halnya dengan nasib media cetak yang tergusur oleh ketatnya gempuran Digital. Industri musik pun mengalami hal yang serupa. Meski zaman digital kian menggerus penjualan album fisik, namun ia memberikan banyak alternatif dalam mencari rupiah. Salah satunya adalah memaksimalkan video musik melalui Youtube.

Saat ini, YouTube memang kerap dimanfaatkan untuk menciptakan peluang penghasilan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Bagi sebagian orang, mungkin YouTube hanya dijadikan sebagai sumber penghasilan sampingan, tetapi tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai mata pencaharian utama.

Mencari uang melalui Youtube itulah yang kini menjadi salah satu kanal pemasukan bagi para musisi lintas genre. Pemasukan yang diterima bisa sinergi dengan jumlah penayangan video. Ini artinya, hanya musisi dengan penayangan video berjumlah banyak saja yang bisa mengeruk pendapatan besar.

Sekira 4 tahun lalu, artis asal Korea Selatan, PSY, merilis video berjudul “Gangnam Style”. Lagu ini menyebar cepat. Setahun penayangan di Youtube, video ini telah ditonton 1 miliar kali. Sekarang, video itu sudah ditonton 2,8 miliar kali. Dari satu video itu, PSY diperkirakan mendapat pemasukan hingga 2 juta dolar.

Begitu pula lagu “Blurred Lines” milik musisi asal Amerika Serikat, Robin Thicke. Hingga sekarang, lagu yang dia bawakan bersama T.I dan Pharrel ini sudah ditonton 498 juta kali. Lagu ini mendapat pemasukan iklan sekitar 2 dolar per 1.000 tayangan. Maka dari satu video itu saja, Robin bisa mendulang pemasukan sekitar 996 ribu dollar, hampir 1 juta dollar.

Sementara di Tanah air belakngan mata dan telinga seolah ‘terusik’ oelh dua penampilan biduang dangdut koplo yakni Via Vallen dan Nella Kharisma, dua nama biduan dangdut ini sedang ngehits sekali di Youtube. Keduanya bagaikan sebuah ‘produk’ yang sedang laris manis bak kacang goreng. Kita kesampingkan sejenak soal genre musiknya dangdut koplo. Bagaimana tidak single mereka masing-masing yang bertajuk sayang dan jaran goyang telah menghasilkan miliaran rupiah hanya dari Youtube…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here