Survei Digital Nielsen
Mengejutkan! Survey Digital Ungkap Bahwa Konten Wanita Dibaca Pria

0
544


ADVERTISING-INDONESIA.id – Semakin meningkatnya penggunaan media digital menciptakan asumsi kalau media digital mendominasi media konvensional. Namun, setiap target khalayak memiliki kombinasi media yang digunakan sehari-hari. Dimana setiap generasi memiliki ketertarikan terhadap media yang berbeda-beda.

Nielsen pada hari Rabu (14/2) lalu baru saja mengadakan konferensi pers yang berhubungan dengan media digital. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa setiap generasi mengkomsumsi media yang berbeda-beda. Misalkan Generasi Z (10–19 tahun). 97% khalayak Generasi Z masih menonton televisi, 50% mengakses internet, 33% mendengarkan radio, 7% menonton televisi berbayar dan 4% membaca media cetak. Contoh lain adalah Generasi Milenial (20 – 34 tahun), 96% dari mereka menonton televisi dan 58% mengakses internet. Kebalikannya adalah Generasi X (35-49 tahun) yang menonton televisi (97%), mendengarkan radio (37%) dan mengakses internet (33%). Sementara, 95% dari Generasi Baby Boomers (50 – 64 tahun) menonton televisi, 32% mendengarkan radio dan 9% mengakses internet. Demikian terungkap dalam laporan studi media Nielsen di Indonesia.

Namun yang pasti, konsumen di semua generasi tersebut sama-sama mengakses internet. Sehingga, kebiasaan multi-screen dengan media digital menjadi suatu hal yang lumrah. Pemirsa televisi yang juga mengakses internet mencapai 42%, atau pembaca media cetak yang juga mengakses internet mencapai 71%. Durasi menghabiskan waktu di media digital pun meningkat dalam tiga tahun terakhir, dari 1 jam 52 menit (2014) menjadi 3 jam 8 menit (2017). Sementara itu, durasi mengkonsumsi media konvensional lainnya tidak mengalami banyak perubahan.

Meningkatnya perkembangan media digital ini mendorong para pelaku industri untuk menggencarkan strategi bahkan promosinya ke media digital. Dengan demikian, jika pelaku industri menggabungkan media digital dengan media konvensional, dapatkah menambah jangkauan target konsumen?

Studi Nielsen Consumer Media View dan Digital Ad Ratings (DAR) pada media Kompas mampu menguraikan bahwa pembaca dari Kompas versi digital (Kompas.com) berusia lebih muda dari pembaca Kompas versi surat kabar. Dua studi berbeda yang dilakukan Nielsen yaitu DAR dan Consumer Media View (CMV) sama-sama menunjukkan bahwa jumlah pembaca Kompas.com terbesar adalah dari Generasi Millenial (21-34 tahun) dan Generasi X (35-49 tahun). Hal ini secara konsisten terjadi pada tiga topik konten yang kami uji, yakni berita, ekonomi dan hiburan. Ketiga topik tersebut memiliki pembaca berusia muda dari Kompas digital (Kompas.com) dibandingkan Kompas surat kabar yang didominasi pembaca berusia 35 tahun keatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here