Hasil Karya Kreatifitas:
Jangan Sepelekan Penelitian dan Observasi untuk Kreatifitas

0
293


ADVERTISING-INDONESIA.id – Memahami karakter pelanggan akan lebih mudah jika turun langsung ke lapangan melakukan observasi dan penelitian. Hal tersebut perlu dilakukan bukan hanya untuk orang sales, tapi bagi orang kreatif juga perlu melakukan hal ini. Kenapa? Karena untuk menggali insights butuh sentuhan tersendiri.

Pernahkah membayangkan komunikasi produk untuk di daerah pedesaan? Apalagi daerah tersebut terkenal dengan tradisi “Kawin-Cerai”. Kawin (Nikah) ketika musim panen lalu bercerai ketika musim paceklik. Jumlah populasi yang “Kawin-Cerai” yang cukup besar adalah salah satu potensi pasar di daerah.

Anggap saja client Anda adalah sebuah operator telekomunikasi. Coba bagaimana Anda bisa membuat ide kreatif jika tidak turun ke lapangan? Mengenali kebudayaan, memahami sudut pandang dan merelevansikan dengan produk yang ingin dipasarkan sebagai solusi.

Bagi kebudayaan di tempat lain, mungkin sulit memahami tradisi “Kawin-Cerai” tetapi di daerah tertentu tradisi ini menjadi hal yang lumrah. Dari observasi dan turun ke lapangan ini akan membuat kita sebagai orang kreatif bisa memahami kebudayaan dan komunikasi apa yang sesuai untuk target market yang memegang kebudayaan lokal tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here