Perencanaan Advertising:
Agar Klien Paham, Apa itu Advertising Plan?

0
403


ADVERTISING-INDONESIA.id – Masalah klasik yang sering terdengar adalah. Advertising sama dengan marketing. Itu saja yang dikeluhkan oleh, sebagian besar, para clients. Lelah juga rasanya untuk terus-menerus menjelaskan perbedaan antara advertising dengan marketing kepada clients. Tapi itulah kenyataannya, hingga terkadang membuat perencanaan advertising (advertising plan) menjadi berantakan.

Sederhananya begini, jika bicara soal marketing maka output-nya adalah soal market share. “Tumbuh berapa persen market share saya? Atau, sales-nya bagaimana? Mencapai target?” Itulah pertanyaan standar yang ditanyakan oleh clients. Alhasil, bisa jadi rencana strategis advertising disisipkan rencana marketing oleh client. Hal ini yang membuat perencanaan advertising menjadi tidak fokus.

Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah membatasi advertising plan sesuai dengan tujuan dan kaidahnya. Jangan sampai perencanaan advertising menjadi condong ke perencanaan marketing karena itu hal yang berbeda.

Hal lain yang perlu diingat adalah perencanaan advertising bukanlah dokumen penjualan. KPI advertising tidak bisa serta merta dilihat dari kacamata sales. Tugas pokok advertising adalah mengkomunikasikan produk. Sampai tahap komunikasi saja sudah rumit, bagaimana lagi jika ditambah dengan KPI penjualan?

Perencanaan advertising adalah peluang untuk menjelaskan dan mengilustrasikan secara logis dan masuk akal sebuah brand dan produk. Untuk bisa mencapai titik tersebut bukan hal yang mudah. Butuh proses berpikir yang panjang. Bahkan iklan yang sederhana yang tayang di TV bisa jadi telah melewati proses yang sangat rumit. Itulah salah satu hasil dari perencanaan advertising.

Advertising plan bukanlah hal yang dirancang sebagai kegiatan yang membosankan. Advertising adalah dunia kreatif yang dinamis dengan tujuan yang jelas. Dunia advertising adalah dunia dengan keunikan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan dunia apapun.

 

 

 


– Seri Tulisan Iklan-Iklan Paling Inspiratif (2): JUST DO IT
– Menjawab Tantangan Besar Profesi Account Management
– Advertising Tidak Akan Bubar!
– Praktisi Advertising Benar-Benar Harus Melakukan Disrupsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here