Iklan Yang Berhasil

0
388


ADVERTISING-INDONESIA.id – Iklan bukan saja tentang seberapa sering ditayangkan atau dimuat tetapi juga mengenai apa (what) pesan yang hendak disampaikan dan bagaimana (how) menyampaikannya.

Iklan adalah cara kreatif penyampaikan pesan yang berawal dari keinginan yang kuat untuk mengenalkan diri secara berbeda kepada kalayak audience. Iklan adalah paradoks, pada saat tertentu bisa sangat disukai tapi pada saat yang lain bisa ditolak. Cara pandang yang berbeda terhadap iklan menyebabkan timbulnya berbagai argumentasi dan kritik yang kerap bertentangan baik di tataran akademis maupun tataran praktis. Salah satu perspektif yang bisa diterima dan dijadikan sebagai acuan dalam memahami iklan adalah perspektif yang mengatakan bahwa iklan sebaiknya dipertimbangkan dengan jernih sebagai salah satu aspek kebudayaan. Iklan adalah bagian dari suasana budaya promosi yang niscaya dan perlu terus dipelajari sehingga pada gilirannya tidak saja dinilai sebagai proses komunikasi yang memberi dampak terhadap konsumerisme tetapi juga mengajarkan cara berkomunikasi yang ringan, menarik dan menghibur.

Iklan bagaimanapun sangat diperlukan, terlepas dari berbagai kritikan ataupun paradoks yang muncul, cara berkomunikasi ini sangat mumpuni dalam membentuk dan menjaga hubungan yang erat dengan audiens. Persoalan pokok yang sering dihadapi para pencipta iklan adalah semakin banyaknya produk atau brand dalam satu kategori yang memiliki karakter yang hampir sama, sehingga tuntutan pembedaan secara komunikasi menjadi mutlak. Karena itulah berkomunikasi melalui iklan harus ditanggapi dengan serius sebagai upaya memadukan empat faktor pokok beriklan yaitu Faktor kreatif (creative factor), Faktor Media (media factor) termasuk Perencanaan dan Pembelian media, Faktor penerima pesan (audience factor), serta faktor produk (product factor).

Faktor Kreatif: Iklan akan memberi efek yang kuat apabila empat faktor di atas bekerja dalam suatu proses yang efektif. Faktor kreatif dilihat sebagai salah satu faktor yang paling penting mengingat faktor ini mengandung unsur pesan atau hal pokok dari suatu brand yang hendak disampaikan, sehingga penggarapannya mutlak harus dilakukan dengan baik. Hal terbaik yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan konsultan atau ahli pembuat pesan yang kerap disebut sebagai copy writer (penulis pesan) dan art director (pengarah seni).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here