Peran Salesman Sejatinya Tak Tergantikan

0
329


ADVERTISING-INDONESIA.id – Meski saat ini sudah begitu banyak platform media, mulai dari yang konvensional hingga yang digital, namun belum ada yang bisa menggantikan interaksi langsung antara pengirim dan penerima pesan. Siapakah dia? Tak lain adalah salesman.

Sudah lama tidak mendengar istilah Salesman beberapa waktu terakhir ini. Profesi ini dianggap sebagai profesi lapangan yang sudah tak lagi sexy. Sebagian orang percaya bahwa peran salesman adalah peran yang monoton dengan rutinitas menjual sesuatu dengan target tertentu. Apakah dengan adanya digital bisa membuat pekerjaan salesman menjadi lebih mudah? Atau target lebih cepat tercapai?

Beberapa kasus di Indonesia menempatkan salesman sebagai pilar marketing paling penting. Hal tersebut berkaca dari kisah Irwanto sang salesman produk Indosat Ooredoo. Irwanto atau yang akrab dipanggil “Iwank” percaya bahwa profesi salesman adalah profesi yang tiada habisnya. Sudah 6 tahun ia jalani profesi ini dan ia tahu bagaimana caranya membuat target salesnya tercapai. Jawabannya adalah “Jaringan”.

Kata “jaringan” dalam konteks Iwank adalah jaringan outlet pulsa yang ia miliki. Sejak awal berkarir sebagai seorang salesman, Iwank selalu menjaga jaringan outlet layaknya menjaga asset paling berharga. Dari jaringan tersebut Iwank mendalami apa yang menjadi permintaan terbesar outlet. “Kalau outlet pulsa biasanya ingin komplainnya dilayani cepat. Makanya saya selalu siap sedia,” ungkap Iwank.

Respon Iwank terhadap berbagai keluhan dan kebutuhan outlet membawanya sebagai salah seorang salesman Indosat Ooredoo yang bersinar di Sales Area Jakarta Utara. Berkat ketekunan dan kegigihannya dalam melayani outlet membuatnya ia dikenal luas di kalangan outlet. Iwank membawahi 65 outlet dan ia siap memberikan layanan terbaik kepada outlet di areanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here