Tips Mengoptimalkan Facebook Page

0
243


ADVERTISING-INDONESIA.id – Facebook! Pemain besar bahkan disebut pemain dengan berat 800 kilogram yang bermain di ruang media sosial. Facebook merajai bukan saja ruang media sosial namun ruang keluarga, ruang private dan dituduh sebagai salah satu penyebab bekunya komunikasi personal diantara anggota keluarga dewasa ini.

Saat ini semakin banyak diantara kita yang lebih sering bermain dengan Facebook daripada dengan teman sendiri bahkan keluarga. Bermain dalam arti berbicara santai, fokus kepada topik pembicaraan, bahkan berbicara serius: tanpa gangguan Facebook. Hingga kini, ada sekitar 2 miliar lebih pengguna Facebook di seluruh dunia. Semua orang bermain atau menggunakan Facebook, dari anak-anak usia remaja hingga dewasa bahkan tua. Pengiklanpun diingatkan untuk menggunakan Facebook jika ingin menjaga kehadiran atau eksistensi global secara dominan.

Fakta menarik yang perlu kita ketahui bersama adalah bahwa dengan jumlah pengguna hingga miliaran orang ternyata Facebook masih memiliki low click through rates (CTR). Sekalipun pada akhirnya para pengiklan giat atau terpaksa menciptakan Facebook pagenya sendiri demi mendapatkan eksklusifitas dan potensi interaksi, mendapatkan CTR yang tinggi masih saja sulit. Tantangan utama yang dihadapi pemilik brand atau pengiklan pada saat menggunakan Facebook sebagai alat marketing adalah menyiapkan konten yang mampu menarik perhatian audiens untuk berinteraksi serta melakukan tindakan positif lainnya terhadap brand.

Like, comment dan share menjadi alat ukur keberhasilan setiap Facebook page yang dimiliki para pengiklan. Berbagai tips yang perlu diperhatikan oleh setiap pengelola Facebook page agar mendapat hasil yang optimal dalam hal Likes, Comment dan Share adalah:

  1. Mencermati data harian pergerakan jumlah Likes. Konten yang dinaikkan pada saat akhir minggu (weekend) diduga mendapat perhatian atau lebih banyak Likes daripada konten yang dinaikkan atau diposting pada hari-hari biasa atau weekdays.

  2. Mencermati data pergerakan Likes berdasarkan jam. Konten yang dinaikkan antara pukul 17.00 hingga menjelang tengah malam ternyata mendapat jumlah like yang lebih tinggi dibanding jam-jam sebelumnya

  3. Coba perhatikan betul aktifitas pengguna Facebook secara umum seperti jam makan malam, waktu keluargam dan jam menonton televisi. Seluruh aktifitas tersebut menarik untuk diperhatikan karena diduga memberi dampak terhadap keinginan mengonsumsi konten-konten media sosial dan reaksi terhadap setiap konten.

  4. Perhatikan konten yang akan dinaikkan apakah mengandung photo, status, video dan link post. Menurut pengamatan para ahli media sosial, photo memberi hasil yang lebih positif dan ditanggapi lebih banyak jika dibanding dengan konten-konten lainnya.

  5. Perhatikan jumlah karakter yang akan ditampilkan sebab menurut pengamatan, karakter berjumlah lebih dari 200 memberi hasil negatif sebab dianggap terlalu panjang. Photo dengan caption yang menarik ternyata lebih diperhatikan.

  6. Penggunaan kata-kata yang bersifat personal ternyata ditanggapi positif oleh pengguna Facebook atau bisa dikatakan bahwa Facebook ternyata dinilai bersifat self-referential.

  7. Upayakan mendorong jumlah Likes yang lebih besar sebab hal tersebut akan menciptakan lagi lebih banyak comments dan shares. Namun tetap disarankan untuk melakukannya dengan jujur atau tanpa mengakal-akali jumlah likes.

Sadarilah bahwa pada akhirnya Facebook page anda akan bersaing dengan gambar-gambar yang diposting oleh teman, keluarga, bahkan ribuan sumber lainnya. Persaingan bukan hanya dengan brand kompetitor tapi komunitas sosial pengguna Facebook.


– Peluang Media Tradisional Dalam Membangun Attention
– Menanti Peta Arah Beriklan di Dunia Digital

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here