Kedigdayaan Rating Program TV

0
307

Lihat tabel di bawah ini, program B memiliki rating 1 yang merupakan perbandingan antara jumlah penonton riil program tersebut dengan jumlah total populasi potensial. Program B kalah jauh dibanding program E yang memiliki rating 35. Share of audience dari program B juga hanya 2% dibanding 70% yang dimiliki program E.

Total Populasi Potensial 100

Program

All program
A B C D E
Total penonton 5 1 4 5 35 50
Rating 5 1 4 5 35 50
share of audience 10% 2% 8% 10% 70% 100%

 

Bagaimana kira-kira nasib program B jika dibanding program E? Karena secara rating jelas kalah jauh maka peruntungannya dalam meraih iklan juga sudah pasti jauh.   Hasil survey di kalangan audiens televisi dengan karakter demografi all people 10+ seringkali menunjukkan hasil seperti tabel di atas untuk program yang sangat general dan spesifik atau segmented. Contohnya adalah antara program Sinetron dan program Wawancara Khusus Tentang Ekonomi. Program Sinetron mewakili program E sementara Program Wawancara mewakili program B. Keduanya kemungkinan besar akan memiliki rating yang sangat berbeda sebab survey Nielsen saat ini adalah survey kepenontonan televisi dengan responden yang masih sangat umum sehingga seringkali disebut sebagai surfaces survey. Apakah hal ini salah?, tentu tidak. Data hasil survey Nielsen sangat layak digunakan oleh brand atau product dengan target market demografi yang luas seperti consumer good atau daily goods yang memang konsumennya berada dalam ruang lingkup survey kepenontonan Nielsen, atau mereka yang disebut dengan All people, 10+.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here