Menyigi Faktor Media Dalam Penetapan Budget Iklan

0
276


ADVERTISING-INDONESIA.id – Penetapan budget iklan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan sebab ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar budget yang ditetapkan mampu memberi manfaat yang optimal baik terhadap nilai brand maupun penjualan. Dari sejak era periklanan konvensional, proses penetapan budget iklan selalu tidak mudah. Hingga saat ini, budget komunikasi brand yang terbesar masih didominasi oleh budget media sehingga seringkali budget advertising disamakan atau diartikan sama dengan budget media. Jika pengiklan salah dalam penetapan media atau memiliki strategi media yang lemah, maka penetapan budget iklan sudah pasti salah. Karena itulah media dan budget selalu dikatakan tidak terpisahkan.

Semakin luas jangkauan suatu media maka harga media tersebut akan semakin mahal

Para penjual atau pengelola brand pada umumnya menetapkan tujuan penjualan (sales) terlebih dahulu. Setelah tujuan penjualan tersebut ditetapkan, mereka akan meminta para perancang strategi komunikasi iklan untuk menetapkan strategi kreatif dan strategi media yang dirasa pas dalam mencapai tujuan penjualan. Strategi kreatif adalah upaya mengelola teks, gambar, layout, audio atau visual menjadi materi komunikasi yang jitu. Sementara strategi media berkaitan dengan pemilihan media yang sesuai dengan target audiens dan brand yang dikomunikasikan.

Faktor Jangkauan, Frekuensi dan Keterlibatan
Reach atau jangkauan, frekuensi, keterlibatan (engagement) temasuk unsur yang menjadi bagian pokok dari strategi media. Seluruh unsur tersebut sangat berpengaruh terhadap besaran budget iklan. Jika misalnya jumlah jangkauan ditetapkan sebagai tujuan pokok penggunaan media maka media yang dipilih biasanya adalah media -media yang memiliki jangkauan terluas atau media yang mampu menjangkau target audiens secara luas. Biasanya, semakin luas jangkauan suatu media maka harga media tersebut akan semakin mahal. Ketika frekuensi penayangan iklan di media-media yang dipilih semakin ditingkatkan maka budget iklan juga akan meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here