Repositioning Segera Advertising

0
461


ADVERTISING-INDONESIA.id – Di tengah arus komunikasi digital yang semakin kuat, peran advertising sebagai salah satu teknik komunikasi brand yang dulu sangat dominan terus mendapat tekanan dan peran-peran pokok advertising cenderung memudar atau semakin melemah.

Kita mengenal 4 peran pokok advertising yang selama ini diakui mampu membangun nilai-nilai sebuah brand hingga ke tingkat yang sangat menguntungkan. Peran tersebut adalah Precipitation, Persuasion, Purchase Behavior dan Reinforcement Role. Keempat peran tersebut masih terus bisa diupayakan lewat advertising, namun seiring dengan menguatnya komunikasi digital yang sangat interaktif serta melibatkan audiens secara terukur, maka keinginan pemilik brand dalam menggunakan advertising semakin melemah. Hal ini misalnya kita amati lewat belanja iklan di berbagai media konvensional yang semakin menurun, bahkan sejumlah media konvensional yang dulunya begitu perkasa satu persatu tumbang.

Peran precipitation atau peran advertising dalam menghujani audiens dengan pesan-pesan brand secara perlahan, tapi pasti tergusur oleh serbuan pesan-pesan digital yang terkirim lewat perangkat dan aplikasi digital. Biaya penyampaian pesan secara berulang bak hujan deras yang selama ini dinilai mahal jika dilakukan melalui media konvensional digantikan oleh berbagai aplikasi media sosial digital berbiaya murah. Tidak heran akhirnya, jika peran precipitation advertising yang selama ini sangat dominan, dan berbiaya tinggi sudah memudar. Menghujani audiens dengan pesan-pesan brand saat ini bisa dilakukan dengan cukup mudah atau praktis, dan dengan biaya murah. Situasi ini secara otomatis menciptakan persoalan yang cukup pelik pada level operasi usaha periklanan. Ada banyak ahli kreatif strategis yang tiba-tiba tidak lagi mempunyai pekerjaan sebagaimana adanya di era advertising konvensional. Para copywriter, pengarah tata letak, produser materi media konvensional terancam kehilangan pekerjaan jika tidak segera memutar haluan menjadi perancang pesan digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here