Isu Seputar Strategi Media

0
324


ADVERTISING-INDONESIA.id – Para perencana media sangat akrab dengan pernyataan tentang tujuan media atau media objectives, strategi media, taktik penentuan media vehicles atau saluran media dan audience delivery kuantitatif dalam bentuk reach, frequency dan continuity.

Seluruh aktifitas media diakui sangat strategis atau berdampak kuat terhadap proses pencapaian tujuan-tujuan pemasaran. Dalam hal pemilihan kategori media, sekalipun  media digital terus berkembang, peran televisi sebagai media iklan  tampak masih sangat besar. Televisi dianggap masih berdampak cukup signifikan terhadap upaya pencapaian tujuan pemasaran. Hal ini dibuktikan dengan masih besanya belanja media atau pembelian space iklan di media-media televisi nasional hingga saat ini. Para pemilik brand menganggap bahwa komunikasi brand melalui televisi masih memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan brand. Mereka mengakui dan mengamini jumlah pemirsa televisi nasional yang hingga saat ini masih terbilang sangat besar menjadi alasan untuk terus memanfaatkan media penyiaran layar kaca sebagai media utama dalam beriklan. Peran serta advertising melalui materi kreatif audio-visual yang sangat menarik masih menjadi favorit atau pilihan utama para pengiklan dengan dana besar.

Tekait dengan perencanaan media, hal pokok pertama yang ditetapkan oleh para perencana media adalah tujuan media atau media objectives. Tujuan media atau tujuan penggunaan media biasanya berkaitan dengan jumlah audiens yang hendak dijangkau (reach objective), kemudian jumlah frekuensi iklan yang akan ditayangkan (frequency objective), serta bagaimana pola penjadwalan iklan selama masa kampanye (scheduling objective).  Setelah tujuan media ditetapkan, menyusul kemudian adalah penentuan strategi media.

Media strategi berkaitan dengan pemilihan media baik kategori media maupun saluran media yang dianggap memberi hasil yang terbaik atau memberi kemungkinan pencapaian media objective yang terbaik. Biasanya, setelah media objectives ditetapkan, maka perencana media atau media planner akan mencari alternatif strategi yang terbaik dalam mencapai tujuan-tujuan media yang telah ditetapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here