|
Tiga negara dengan konsumen teroptimistis di dunia adalah India (130), Vietnam (129), dan Malaysia (127). Ketiga negara tersebut mengalami kenaikan indeks yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, dimana pada kuartal kedua 2018 India meraih indeks sebesar 124, Vietnam 120 dan Malaysia 117 pp. Dengan indeks 126, Indonesia menyusul di urutan keempat bersama dengan Filipina dan Pakistan. Jika dibandingkan dengan kuartal kedua 2018, Indonesia dan Filipina sama-sama menurun sedikit dari 127 sementara Pakistan naik secara signifikan dari 115 pp.
IKK dipengaruhi oleh tiga indikator, yaitu optimisme konsumen mengenai (1) Prospek Lapangan Kerja Lokal, (2) Keadaan Keuangan Pribadi, dan (3) Keinginan untuk Berbelanja; semua dalam 12 bulan ke depan. Untuk Indonesia, optimisme akan Prospek Lapangan Kerja Lokal meningkat dari 71% di kuartal kedua 2018 menjadi 73% di kuartal ketiga 2018. Sementara itu, 79% konsumen memiliki persepsi positif mengenai Kondisi Keuangan Pribadi mereka, menurun dari 82% di kuartal kedua 2018. Lebih dari setengah (57%) konsumen mengatakan bahwa waktu 12 bulan ke depan adalah Waktu yang Baik untuk Berbelanja Barang-barang yang Mereka Inginkan dan Butuhkan. Indikator terakhir ini menurun dari 63% di kuartal kedua 2018.
Secara global, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) stabil sebesar 106 poin pada kuartal ketiga di 2018 ini. The Conference Board® Global Consumer Confidence™ Survey, in collaboration with Nielsen juga mengungkapkan 10 negara teroptimis pada kuartal ketiga 2018 ini, secara berurutan adalah India (130), Vietnam (129), dan Malaysia (127), Indonesia (126), Pakistan (126), Filipina (126), Amerika Serikat (123), Denmark (122), China (112), Thailand (112).