Irvan Mahidin S: Kreatifitas Jadi Solusi Persaingan Pasar

0
1689

ADVERTISING-INDONESIA.id – “Jualan produk itu tergantung (loyalitas dan daya beli) masyarakat,” ungkap pemilik event organizer (EO), Gemalindo Kreasi Indonesia,  Irvan Mahidin S.


Menurutnya, saat ini masyarakat masih terbilang loyal kepada sebuah brand tertentu. Produk kualitas terbaik yang digunakan secara turun temurun, itulah yang menjadi pilihan utama pelanggan.

Beragam produk yang disuguhkan produsen membuat masyarakat memiliki banyak pilihan. Seperti produk-produk elektronik yang saat ini gencar diiklankan principal demi mendongkrak selling dan meraup keuntungan sebesar-besarnya. Namun demikian, tanpa bantuan konsep  iklan yang baik, mudah dicerna dan dimengerti konsumen rasanya tidak mungkin menjual produk secara efektif. Apalagi sampai berangan ‘dagangan’ yang dijajakan bisa cepat laku di pasaran.

Hal ini juga diperkuat dengan komentar Irvan Mahidin S, pemilik Gemalindo Kreasi Utama. Menurutnya, divisi advertising merupakan tombak utama sukses tidaknya sebuah brand di pasaran. Terlebih jika merek yang ditawarkan sudah memiliki reputasi dan nama besar. Seperti yang tengah di garap Gemalindo Kreasi Utama (GKU). Event Organizer ini tengah fokus mengerjakan project Panasonic. Bukan hanya branding, tapi selling menjadi pekerjaan yang tengah di kerjakan (GKU).

Gemalindo Kreasi Indonesia dipercaya Panasonic menggarap event pameran untuk semua produk Panasonic (TV, AC, kulkas, radio, blender, dispenser dan sebagainya).

“Semua produk yang ditawarkan dipastikan akan sukses jika divisi iklan dan pameran berjalan beriringan.  Paling tidak masyarakat menjadi tahu dan mengerti dengan apa yang kita tawarkan. Sama seperti event yang tengah dijalankan Panasonic,” terangnya ketika dihubungi via ponsel, belum lama ini. Irvan menambahkan, beberapa bulan ini EO besutannya tengah sibuk menggelar pameran dibeberapa kota. Kota-kota tersebut meliputi Cirebon, Depok, Jakarta dan Yogyakarta. Tujuan diadakan pameran untuk mendongkrak branding dan penjualan (selling) dan dan terus menjadikan Panasonic sebagai merek pilihan masyarakat.

Tentu saja dengan berbagai macam perbaikan, keunggulan yang ditawarkan dan garansi yang memang menjadi senjata bagi produk-produk elektronik termasuk Panasonic. Gemalindo Kreasi Indonesia dipercaya Panasonic menggarap event pameran untuk semua produk Panasonic (TV, AC, kulkas, radio, blender, dispenser dan sebagainya). Dari ucapan Irvan, membuktikan bahwa saat ini persaingan produk sudah sedemikian ketat. Karena itu, branding, event dan promo yang gencar menentukan penjualan signifikan.

“Harus kreatif dan mampu melihat kondisi pasar saat ini. Terlebih dengan persaingan yang semakin kompetitif. Kita harus menyuguhkan hal-hal baru untuk masyarakat. Selain itu, iklan yang mudah dipahami menjadi kunci tambahan disamping harga yang sesuai dengan kocek calon pembeli,” tambahnya lagi. Selama menjadi mitra Panasonic, Irvan mengaku belum menemui kendala berarti. Baginya, totalitas dan efektifitas menghelat event menjadi barometer kesuksesan penjualan produk-produk Panasonic. “Sejauh ini aman-aman saja. Kita selalu melakukan evaluasi setelah melaksanakan event atau pameran. Selain itu, setiap konsumen di tiap kota atau daerah berbeda-beda. Karena itu, konsep pameran di buat beragam agar sesuai dengan kondisi masyarakatnya,” pungkasnya.

 

Artikel terkait: Berhati-hati Memilih Media Untuk Beriklan
Hebatnya Imajinasi Yang Menyatukan
3 Aspek Yang Berpengaruh Kuat Terhadap Kinerja Iklan