Berhati-Hati Memilih Media Untuk Beriklan

0
1342

Iklan Dan Brand

Pada prinsipnya kinerja suatu iklan tidak melulu dipengaruhi oleh media yang digunakan dalam beriklan, namun ada ragam faktor yang juga turut bekerja secara kombinatif seperti: Posisi dan atau penempatan iklan, tingkat kesukaan dan reaksi spontan audiens terhadap pesan iklan, tingkat kebutuhan audiens saat ini terhadap produk yang sedang beriklan, persepsi audiens terhadap brand yang sedang beriklan.

Di era kejayaan media konvensional para pemilik media seolah enggan menyediakan data-data yang strategik sehingga para pengiklan seringkali tidak punya pilihan dan lebih sering pasrah serta membiasakan diri dengan data media yang sangat terbatas. 

Antony Young dalam salah satu bukunya menambahkan bahwa recency atau frekuensi pembelian produk dalam satu kategori termasuk salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan iklan.

Kinerja seluruh faktor yang disebutkan di atas hanya mungkin terjadi jika media yang digunakan benar-benar efektif atau media benar-benar mampu menjangkau audiens yang diajak berkomunikasi. Artinya seluruh faktor di atas hanya akan bekerja secara kombinatif setelah audiens benar-benar diterpa oleh iklan. Disinilah terletak pentingnya pemilihan media yang akan menjadi titik tolak keberhasilan iklan. Juga direkomendasikan agar para pengiklan mencermati kinerja setiap faktor di atas dengan jeli sehingga perbaikan-perbaikan yang dirasa perlu atas setiap faktor dapat dilakukan pada masa beriklan berikutnya.

Penelitian paska beriklan atas berbagai faktor di atas akan sangat bermanfaat untuk dilakukan sebab seringkali pengiklan lebih menyalahkan media yang digunakan jika efek iklan dirasa kurang menggigit ketimbang melihat kinerja bauran faktor-faktor di atas. Saat seluruh faktor bekerja dengan baik artinya audiens bereaksi positif terhadap pesan iklan yang mereka lihat, kemudian kebutuhan dan periode pembelian terhadap produk berada pada siklus yang tepat dan persepsi terhadap brand dalam kategori relatif kuat maka iklan dan brand saling bersinergi secara strategis.

Iklan seperti itu akan memberi efek positif terhadap pertumbuhan aspek brand seperti pengenalan, ketertarikan, penggunaan berulang hingga loyalitas audiens terhadap brand.

 

Artikel terkait: Irvan Mahidin S: Kreatifitas Jadi Solusi Persaingan Pasar
Hebatnya Imajinasi Yang Menyatukan
3 Aspek Yang Berpengaruh Kuat Terhadap Kinerja Iklan