ADVERTISING-INDONESIA.id – Jika agensi itu kumpulan warna maka orang kreatif adalah warna terang yang membuat agensi menjadi cerah. Tapi warna cerah mereka bisa menjadi gelap ketika client menolak segala usulan mereka apalagi ketika mereka kalah pitching. Dari berbagai sumber, salah satunya menurut Kenneth Longman, karakter orang kreatif itu kira-kira seperti ini:
MEMILIKI KEINGINTAHUAN YANG SANGAT TINGGI. Hampir semua hal yang ada di kolong langit menjadi perhatian mereka, mereka selalu ingin tahu. Mereka sangat ingin tahu tentang mencairnya es di kutub bumi hingga perilaku remaja milenial dewasa ini.
MEMILIKI IMAGINASI YANG SANGAT KUAT. Tiba-tiba saja, atau dalam waktu singkat orang kreatif itu bisa mengeluarkan banyak gagasan. Olah kata dan kalimat mereka terkenal piawai termasuk kata-kata yang jarang digunakan publik namun ketika dirangkai menjadi tampak indah. Mereka lebih bisa membedakan antara Hitam dan Putih dibanding banyak orang dan selalu bisa melihat sisi abu-abu dari suatu masalah.
MEREKA SANGAT MAMPU BEREMPATI. Mereka sangat mudah merasa sesuatu apa adanya dan apapun adanya mereka bisa merasakannya dengan mudah. Mereka bisa menginjeksi humor dalam perbincangan yang bagi orang lain perbincangan itu tampaknya tabu.
MEREKA TERKENAL SANGAT ANTUSIAS. Karakter antusias inilah yang mendorong sifat keingintahuan dan imajinasi mereka. Karakter antusias ini membuat mereka sangat percaya terhadap kemampuan mereka sendiri, kurang suka kepada ketergantungan dan struktur, sangat yakin bahwa pekerjaan mereka benar, lebih menyukai kenyamanan kerja daripada status dan gaji, lebih menyukai lingkungan yang membuat mereka bebas berkarya dan tertantang berprestasi.