Rush 2018 Meluncur, Toyota Salip Xpander?

0
1152


ADVERTISING-INDONESIA.id – Setelah belasan tahun berkiprah, baru kali ini Rush mendapat penyegaran bahkan menanggalkan kesan wujud boxy yang selama ini melekat. Untuk itu PT Toyota Astra Motor secara resmi membuka selubung All New Rush secara resmi Kamis (23/4) kemarin. Mobil ini hadir dengan ubahan menyeluruh dari bagian luar, kabin hingga mesin. Meski belum ada harga resmi, harga model terbaru diperkirakan naik sekitar Rp3 juta.

Bila melihat dari sisi harga, kemungkinan besar SUV besutan Toyota ini akan bersaing dengan tipe tertinggi dari Xpander. Kalau memang benar demikian adanya berarti ‘perang’ antar ATPM itu jelas nyata.

Namun ada sebagian pihak yang mempertanyakan, kenapa genre Sport Utility Vehicle (SUV) yang selama ini disandang Rush tampak bergeser, bercita rasa Multi Purpose Vehicle (MPV). Bahkan gaya yang diusung dianggap mencoba mengambil pasar Xpander, MPV bercita rasa SUV. Terkait hal ini Toyota Astra Motor menampiknya.

Menanggapi hal tersebut, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto menegaskan segmen yang disasar Rush terbaru berbeda dengan mobil milik Mitsubishi tersebut.

“Enggak dong. Toyota secara garis sangat jelas membedakan antara MPV dan SUV. Tidak pernah kami katakan ada MPV yang SUV, kami enggak bermain di situ. Jadi jelas namanya MPV ada Avanza, SUV ada Rush yang hari ini kami luncurkan,” kata Fransiscus.

Fransiscus juga menjelaskan bila mobil di segmen MPV memiliki kegunaan lebih fungsional karena biasanya digunakan sebagai alat transportasi dan dapat mengangkut banyak barang.

“Kalau SUV, ada kebutuhan khusus dari konsumen untuk aktualisasi diri dan menyesuaikan dengan medan yang sering dilewati,” ujarnya.

Rush tetaplah sebuah mobil yang mengusung segmen SUV. “Customer punya pilihan, nah masing-masing itu ada segmennya. Untuk Rush ini kami lihat enggak perlu ikut-ikutan lah (Xpander), kami harus men-serving customer yang real SUV. Jadi kalau ada perubahan kiri-kanan, apakah akan kena, ya balik lagi customer punya pilihan,” sambung Fransiscus, di sela peluncuran All New Rush 2018, di Jakarta.

Dirinya mengakui Xpander memang punya wujud stylish, seperti yang diusung Rush terbaru kini. Namun semua kembali lagi ke konsumen, karena Toyota cuma ingin memperbanyak pilihan bagi masyarakat.

“Saya gambarin market-nya banyak pilihan, tetapi garis desain direction-nya berbeda. Kalau lihat Xpander lebih ke arah stylish, ada yang lebih konvensional tapi juga functional, itu Avanza, begitu.”


– Blibli.com Hadiahkan 500 juta Pada Kris Samuel
– Survey Nielsen“In-Program Ads” Jadi Daya Tarik Bagi Industri Media & Periklanan
– Editorial: Awan Kelabu Ekosistim Industri Advertising Tanah Air
– Iklan Dalam Program: Bukti Bahwa Media Agency Terus Bergerak Mengejar Pemirsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here