Survey Nielsen: Indeks Keyakinan Konsumen (IKK)
Indonesia Tetap Optimis (Bag. 1)

0
99


ADVERTISING-INDONESIA.id – The Conference Board® GlobalConsumer Confidence™ Survey, in collaboration with Nielsen, baru-baru ini merilis hasil studinya yang menunjukkan bahwa Indonesia masih termasuk di dalam negara yang paling optimistis di dunia.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia di kuartal keempat 2017 adalah 125, sedikit menurun dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang 127. Meskipun sedikit turun, Indonesia masih berada dalam urutan tiga teratas negara teroptimis di dunia setelah Filipina (131) dan India (130).

IKK dipengaruhi oleh tiga indikator, yaitu optimisme mengenai (1) Prospek Lapangan Kerja Lokal, (2) Keadaan Keuangan Pribadi, dan (3) Keinginan untuk Berbelanja; dalam 12 bulan ke depan. Untuk Indonesia, optimisme akan Prospek Lapangan Kerja Lokal turun dari 75% di kuartal ketiga 2017 menjadi 70% di kuartal keempat 2017. Sementara itu, optimisme akan Keadaan Keuangan Pribadi stabil di 68% pada dua kuartal terakhir tahun lalu. Kabar baiknya adalah, di kuartal keempat 2017, 6 dari 10 (60%) konsumen mengatakan bahwa waktu 12 bulan ke depan adalah waktu yang baik untuk mereka berbelanja hal-hal yang mereka inginkan dan butuhkan. Indikator terakhir ini meningkat dari 56% di kuartal ketiga 2017.

“Kuartal empat tahun lalu memperlihatkan bahwa ada lebih banyak konsumen yang memiliki keinginan untuk berbelanja dalam 12 bulan ke depan. Ini merupakan indikator peluang bagi para pemilik merek, karena itu sangat penting untuk meningkatkan kedekatan dengan konsumen mereka.” ujar Agus Nurudin, Managing Director, Nielsen Indonesia.

Di sisi lain, IKK kuartal empat 2017 juga memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan dalam pandangan konsumen mengenai resesi ekonomi. Pada kuartal empat tahun lalu, lebih dari 5 dari 10 (53%) konsumen berpendapat bahwa Indonesia sedang mengalami resesi ekonomi; sementara di kuartal ketiga 2017 hanya 47% konsumen yang berpendapat bahwa negara sedang berada dalam resesi ekonomi. 

Persepsi konsumen mengenai keadaan resesi ekonomi memperlihatkan tren yang menggembirakan di tiga kuartal sebelum kuartal keempat 2017; dimana secara berturut-turut 46%, 48% dan 53% konsumen mengatakan bahwa Indonesia tidak sedang dalam kondisi resesi ekonomi. Sayangnya, tren ini menurun di kuartal keempat 2017 dimana hanya ada 47% konsumen yang mengatakan bahwa negara tidak sedang dalam kondisi resesi ekonomi. Hal ini perlu menjadi perhatian, dan pemerintah perlu menemukan cara untuk mengembalikan positivitas konsumen.” papar Agus.

 


– Nielsen Consumer Confidence Index Q4: Kepercayaan Konsumen Meningkat, Kini Saatnya Mendorong Penjualan?
– Laporan Nielsen DAR: Pahami Pengguna Digital Melalui DAR (Digital Ad Ratings)
– Survei Digital Nielsen: Mengejutkan! Survey Digital Ungkap Bahwa Konten Wanita Dibaca Pria
– Menanti Peta Arah Beriklan di Dunia Digital

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here