3 Aspek Yang Berpengaruh Kuat Terhadap Kinerja Iklan

0
6691

ADVERTISING-INDONESIA.id – Diantara sejumlah aspek yang dianggap berpengaruh terhadap hasil kerja iklan, ada 3 aspek yang dianggap penting yaitu: Memori emosional audiens, Asosiasi audiens terhadap brand, dan Tingkat repetisi iklan. Kinerja suatu iklan akan lebih optimal ketika aspek-aspek ini bekerja dengan baik.


#1. IKLAN DAN MEMORI EMOSIONAL

Seseorang akan melakukan proses interpretasi secara mendalam terhadap sebuah iklan jika iklan tersebut sesuai dengan perasaan, memori dan asosiasi-asosiasi positif tertentu yang dimilikinya terhadap iklan tersebut.

Emosi adalah aspek penting yang berpengaruh terhadap iklan sebab emosi diketahui sangat mempengaruhi proses berpikir seseorang. Emosi memainkan peran penting dalam mengarahkan reaksi alamiah seseorang terhadap kejadian yang terjadi di sekitarnya. Dengan begitu banyak kejadian di sekitar kita, maka instrumen emosional akan menjadi pemicu penting yang akan menentukan kejadian manakah yang paling menarik perhatian kita. Munculnya instrumen pemicu ini tidak terjadi dalam waktu singkat namun membutuhkan waktu pembentukan yang panjang dan akan berdiam menjadi memori dalam benak seseorang dan memori ini akan timbul kembali pada saat suatu kejadian atau rangkaian kejadian muncul.

Setiap orang memiliki memori yang berisi ragam emosi baik yang menyenangkan atau menyedihkan. Emosi timbul atas setiap aksi, kontak atau kejadian yang berlangsung dalam kondisi kesadaran penuh. Aspek atau dimensi emosi ini akan menentukan apakah kita akan tertarik terhadap suatu kejadian serta seberapa dalam ketertarikan kita terhadap kejadian tersebut. Aspek emosional positif yang terdapat dalam satu memori akan mendorong seseorang memberi perhatian yang signifikan terhadap sebuah kejadian yang relevan dengan emosi tesebut.