Ketika Ketangguhan Media Cetak Menjadi Inspirasi Film

0
228


ADVERTISING-INDONESIA.id – Di deru debu banyak media cetak yang tutup, ternyata masih ada yang melihat bahwa media cetak masih menjadi inspirasi untuk produksi film. Film ini berjudul The Post dimana di tahun 1966, redaksi The New York Times menerima laporan rahasia yang menyatakan bahwa perang Vietnam yang dilakoni oleh Amerika Serikat mustahil untuk dimenangkan.

Rahasia negara ini kemudian menjadi dilema bagi pejabat The New York Times antara menerbitkan informasi tersebut atau menutupnya rapat-rapat. Berbagai tekanan terus dirasakan pejabat media tersebut hingga akhirnya menyatakan memutuskan untuk mencetak tentang informasi kegagalan Amerika di Vietnam dan akhirnya menjadi issue nasional.

Kejadian ini merupakan salah satu bukti bahwa media massa, khususnya media cetak, menjadi panutan untuk pemberitaan. Hal ini tentu sudah jauh berbeda dimana media cetak mengalami degradasi di berbagai hal diantaranya sirkulasi dan jumlah pembaca. Padahal dalam hasil survey Nielsen beberapa waktu terakhir memuat hasil bahwa media cetak masih memiliki kredibilitas yang tinggi ketimbang media massa yang lain.

Di Indonesia pernah terjadi beberapa kasus yang dibongkar oleh media cetak seperti kasus Marsinah dimana menjadi issue nasional. Namun kini dunia dan Indonesia seperti kehilangan panutan media massa. Kasus yang terjadi di Indonesia adalah kejadian di mana berita bohong (hoax) menyebar luas tanpa ada filter. Disinilah sebenarnya peran media massa, khususnya media cetak dituntut untuk menyampaikan berita yang berkredibel sehingga tidak membingungkan publik.

Pesan yang ada di film ini sebenarnya sangat sederhanya yaitu menyampaikan kebenaran meskti itu berisiko. Selama berita itu mengandung kebenaran maka semakin besar kepercayaan publik terhadap media tersebut. Saat ini media cetak di Indonesia sudah jauh berkurang namun Nielsen percaya bahwa meski secara jumlah media cetak menurun, namun secara kualitas pembaca terus meningkat. Media cetak dipercaya oleh orang-orang pengambil keputusan dan kebijakan meski secara usia sudah tidak muda lagi.

Bagi media cetak di Indonesia, kisah yang ada dalam film The Post ini merupakan salah satu sumber motivasi dan inspirasi bahwa kredibilitas media cetak masih sangat dibutuhkan oleh publik terutama publik yang kritis dan peduli terhadap kualitas berita.

 


– Survey Nielsen Terhadap Media Cetak: Media Cetak Dinilai Sebagai Media yang Lebih Dipercaya
– Survey Nielsen: Beban Berat Media Cetak Jelang Penghujung Tahun 2017
– Media Cetak Menjemput Ajal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here