Iklan:
Nasib Iklan Konvensional

0
341


ADVERTISING-INDONESIA.id – Dewasa ini kreatifitas komunikasi iklan terus berkembang, seolah lepas dari asal muasalnya yaitu passive teks dan visual. Iklan-iklan digital yang bersifat interactive dan sangat handal dalam membangun interaksi brand dengan audiens terus berkembang. Kekuatan iklan media lama yang bersifat searah secara perlahan digusur oleh iklan-iklan media baru yang berperan sangat dinamis dalam menarik dan menumbuhkan perhatian audiens.  Maraknya pertumbuhan media-media digital telah menciptakan pola komunikasi brand yang baru dimana brand dan audiens saling berinteraksi secara intensif dalam ruang dan waktu yang seolah tidak terbatas.

Persaingan perebutan iklan juga menyebabkan stasiun-stasiun televisi nasional merelakan layarnya dipenuhi atribut brand seperti logo dan packaging justru pada saat program sedang tayang.

Bagi para pengelola  media lama, cara-cara baru tersebut adalah ancaman serius terhadap kelangsungan bisnis mereka.  Hampir semua pemilik media tradisional terutama media cetak, radio, dan televisi mengeluhkan hal yang sama tentang suramnya masa depan penjualan halaman atau ruang iklan.  Sejumlah media cetak utama bahkan mengorbankan citra dirinya dengan membiarkan halaman luar atau depan dibungkus dengan iklan jaket berisi pesan iklan atau sponsor jaket yang sebelumnya tabu untuk dilakukan.  Media-media tradisional mulai merasakan kesulitan yang tinggi dalam meyakinkan para pemilik brand agar terus menggunakan media mereka sebagai media promosi.  Alasanya sangat klasik: mahal, dampaknya sulit diukur dan tidak interaktif.

Persaingan perebutan iklan juga menyebabkan stasiun-stasiun televisi nasional merelakan layarnya dipenuhi atribut brand seperti logo dan packaging justru pada saat program sedang tayang.  Teknologi immersive bahkan diterapkan sehingga  packaging brand atau atribut brand muncul dengan tiba-tiba di layar TV seta menutupi sebagian layar kaca yang sedang menayangkan sebuah program.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here