
ADVERTISING-INDONESIA.id – Fungsi utama media luar ruang adalah mengomunikasikan pesan brand kepada audiens yang berada di luar rumah. Media ini popular disebut dengan Out-of-Home (OOH) media. Keunggulan media ini menjangkau orang yang sedang melakukan perjalanan (travelling), berada di ruang publik, pusat perbelanjaan dan beragam kegiatan yang dilakukan di luar tempat tinggal mereka.
Sebagian pengiklan ada yang mengabaikan penggunaan media-media luar ruang konvensional dengan asumsi efektifitas dan efisiensi yang relatif kurang. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi digital media luar ruang (Digital Out of Home atau DOOH) mampu menghadirkan kesempatan baru dalam menjangkau dan bahkan mengajak audiens terlibat lebih aktif, alhasil media ini semakin digemari.
Jika dibandingkan dengan penggunaan media luar ruang berteknologi digital di sejumlah negara maju, Indonesia memang masih ketinggalan. Di luar negeri, display DOOH sudah sangat menarik dan berteknologi tinggi. Apalagi level engagement atau keterlibatan audiens dengan media ini sudah sangat intens dan terpelihara dengan baik. Advertiser jelas melihat ini sebagai kesempatan berkomunikasi yang luar biasa dan ajaib.
Di luar negeri, display DOOH sudah sangat menarik dan berteknologi tinggi. Apalagi level engagement atau keterlibatan audiens selalu terpelihara dengan baik
Sejumlah perusahaan yang bergerak di bisnis media luar ruang di Indonesia berupaya menaikkan citra media luar ruang dengan mengedepankan penggunaan teknologi digital yang semakin maju. Semua itu dilakukan demi meningkatkan interaksi audiens dengan media yang lebih luas dan serentak. Mereka mendirikan sejumlah titik media luar ruang digital di berbagai kota dengan disain dan konsep baru.
Secara teknis DOOH mengunakan layar atau display terkini berukuran sedang atau besar yang dikombinasikan dengan panel diode LED terbaik demi menampilkan gambar dan video yang tajam dan cerah. Sejumlah layar sentuh disiagakan di berbagai lokasi strategis seperti mal dan area publik premium. Area yang diutamakan adalah area luas yang menyediakan jaringan WiFi atau jaringan yang menyediakan internet dan koneksi jaringan yang super cepat.