
ADVERTISING-INDONESIA.id – Bukan hal yang aneh jika kita melihat seseorang di resto memotret makanannya diatas meja dengan smartphone. Bahkan bukan hal yang aneh juga ketika seseorang tersebut rela naik ke atas kursi demi memotret makanannya dari atas. Ah, ada-ada saja. Tapi tahukah Anda, bahwa memotret makanan dengan vertical angle sudah dilakukan oleh IBM Corporation melalui iklannya 32 tahun yang lalu? Atau lebih tepatnya di tahun 1985.
IBM Corporation sebagai perusahaan komputer yang masih baru tentu saja harus membangun kesadaran target marketnya tentang keunggulan kualitasnya. Sulit memang untuk mengomunikasikan keunggulan teknis dimana saat itu sangat sedikit sekali orang yang benar-benar paham soal spesifikasi komputer. Jangankan bicara tentang memori atau RAM computer. Pada kenyataannya, untuk menyimpan pekerjaan saat itu, masih menggunakan disket berukuran bujur sangkar dengan lubang ditengahnya.
IBM Corporation kemudian menunjuk Weisz+ Yag, Inc., Westport, CT sebagai Creative Agency untuk mengomunikasikan tentang “Quality” (kualitas, red) produk IBM. Agency ini kemudian melahirkan creative dengan mengembangkan makna “Quality” IBM Corporation menjadi 7 versi iklan sesuai dengan jumlah huruf “Quality”. Setiap huruf dalam kata “Quality” diturunkan ke dalam poster dengan kreatifitas yang berbeda-beda.




























