ADVERTISING-INDONESIA.id – Traveloka.com menduduki posisi pertama dalam daftar 20 besar pengiklan yang berbelanja di media TV dan Cetak, periode Januari hingga Juli 2017, menurut data Nielsen Indonesia. |
Dengan jumlah belanja space iklan di media TV dan Cetak sebesar Rp. 635,6 miliar gross, Traveloka.com mengungguli brand-brand lain yang berasal dari kategori fast moving consumer goods. Aktifitas iklan Traveloka.com akhir-akhir ini memang terbilang sangat tinggi, tidak saja di media TV dan Cetak namun di berbagai media-media digital. Jumlah belanja iklan di media digital sejauh ini masih belum terpantau sebagaimana media TV dan Cetak.
NO | TOP SPENDER JAN-JUL 2017 | ADEX (Rp. 000,000) |
1 | TRAVELOKA.COM – WEBSITE | 635.587 |
2 | INDOMIE – INSTANT NOODLE | 528.980 |
3 | VIVO – GSM MULTICARDS HANDPHONE | 462.422 |
4 | MARJAN BOUDOIN – SYRUP | 448.912 |
5 | SGM EKSPLOR 1 PLUS – GROWING UP MILK | 373.192 |
6 | SAMSUNG – GSM MULTI CARDS HANDPHONE | 371.760 |
7 | VANISH CAIR – LIQUID STAIN REMOVER | 359.256 |
8 | PANTENE ANTI KETOMBE – SHAMPOO | 333.772 |
9 | AQUA – MINERAL WATER | 327.997 |
10 | SEDAAP – INSTANT NOODLE | 320.131 |
11 | BEBELAC 3 – GROWING UP MILK | 311.508 |
12 | PEPSODENT – TOOTHPASTE | 305.801 |
13 | CAP BANGO – SOYA SAUCE | 304.600 |
14 | DANCOW 1+ MADU – GROWING UP MILK | 300.493 |
15 | HEAD & SHOULDERS ANTI DANDRUFF – SHAMPOO | 298.704 |
16 | SPRITE – SOFT DRINK | 293.101 |
17 | EXCELCOMINDO XL – INTERNET BROADBAND CARD | 291.452 |
18 | DETTOL COOL – LIQUID BATH SOAP | 290.652 |
19 | OPPO – GSM MULTI CARDS HANDPHONE | 289.149 |
20 | PARTAI PERINDO PERSATUAN INDONESIA | 288.279 |
Sumber data: Advertising Expenditure, Nielsen Indonesia, Januari-Juli 2017
Perlu diketahui bahwa angka yang ditampilkan adalah dalam gross atau angka yang didasarkan kepada ratecard tanpa memperhitungkan diskon, bonus atau harga-harga khusus yang mungkin disepakati antara pengiklan dan media. Namun demikian, angka gross merefleksikan atau merepresentasikan aktifitas suatu brand dibanding brand lain yang juga sedang beriklan. Kita bisa membayangkan jumlah spot iklan relatif dari setiap brand diatas atau setidaknya competitive share of voice (SOV) berdasarkan rupiah yang dibelanjakan.