Daftar 20 Pengiklan Terbesar Industri Advertising Indonesia Periode Januari – Juli 2017

0
5661

ADVERTISING-INDONESIA.id – Traveloka.com menduduki posisi pertama dalam daftar 20 besar pengiklan yang berbelanja di media TV dan Cetak, periode Januari hingga Juli 2017, menurut data Nielsen Indonesia.

Dengan jumlah belanja space iklan di media TV dan Cetak sebesar Rp. 635,6 miliar gross, Traveloka.com mengungguli brand-brand lain yang berasal dari kategori fast moving consumer goods. Aktifitas iklan Traveloka.com akhir-akhir ini memang terbilang sangat tinggi,  tidak saja di media TV dan Cetak namun di berbagai media-media digital. Jumlah belanja iklan di media digital sejauh ini masih belum terpantau sebagaimana media TV dan Cetak.

NO TOP SPENDER JAN-JUL 2017 ADEX (Rp. 000,000)
1 TRAVELOKA.COM – WEBSITE 635.587
2 INDOMIE – INSTANT NOODLE 528.980
3 VIVO – GSM MULTICARDS HANDPHONE 462.422
4 MARJAN BOUDOIN – SYRUP 448.912
5 SGM EKSPLOR 1 PLUS – GROWING UP MILK 373.192
6 SAMSUNG – GSM MULTI CARDS HANDPHONE 371.760
7 VANISH CAIR – LIQUID STAIN REMOVER 359.256
8 PANTENE ANTI KETOMBE – SHAMPOO 333.772
9 AQUA – MINERAL WATER 327.997
10 SEDAAP – INSTANT NOODLE 320.131
11 BEBELAC 3 – GROWING UP MILK 311.508
12 PEPSODENT – TOOTHPASTE 305.801
13 CAP BANGO – SOYA SAUCE 304.600
14 DANCOW 1+ MADU – GROWING UP MILK 300.493
15 HEAD & SHOULDERS ANTI DANDRUFF – SHAMPOO 298.704
16 SPRITE – SOFT DRINK 293.101
17 EXCELCOMINDO XL – INTERNET BROADBAND CARD 291.452
18 DETTOL COOL – LIQUID BATH SOAP 290.652
19 OPPO – GSM MULTI CARDS HANDPHONE 289.149
20 PARTAI PERINDO PERSATUAN INDONESIA 288.279

Sumber data: Advertising Expenditure, Nielsen Indonesia, Januari-Juli 2017

Perlu diketahui bahwa angka yang ditampilkan adalah dalam gross atau angka yang didasarkan kepada ratecard tanpa memperhitungkan diskon, bonus atau harga-harga khusus yang mungkin disepakati antara pengiklan dan media. Namun demikian, angka gross merefleksikan atau merepresentasikan aktifitas suatu brand dibanding brand lain yang juga sedang beriklan. Kita bisa membayangkan jumlah spot iklan relatif dari setiap brand diatas atau setidaknya competitive share of voice (SOV) berdasarkan rupiah yang dibelanjakan.

 

Artikel Terkait:
– Dear Clients.., Tahukah Betapa Sulitnya Memilih Brand Ambassador (1)
– Daya Tahan Industri Radio Membawa Optimisme Pengiklan
– Dear Clients.., Tahukah Betapa Sulitnya Memilih Brand Ambassador (2)
– Kampanye So Tango “Enaknya Gak Hoax” Bijak Menyikapi Informasi Hoax