Panasonic Gobel Awards Ke-20, Libatkan 2000 Responden di 23 Kota Besar

0
1819
President Commisioner Panasonic Gobel Indonesia (PGI), Rachmat Gobel (Batik Coklat) didampingi Vice President Director PGI, Tadaharu Taguchi (Memegang Piala), berfoto usai Press Conference Panasonic Gobel Award (PGA) ke 20 bersama dengan Committee PGA Mohammad farhan dan anggota tim penyelenggara PGA, Rama Datau, Chairman PGA, Wendy Sofyan. Program and Production Director RCTI, Dini Putri.

ADVERTISING-INDONESIA.id – Tahun ini gelaran penghargaan Panasonic Gobel Awards (PGA) sudah memasuki usia yang ke-20. Berbagai persiapan pun dilakukan dengan sangat sistematis, teruji, melalui proses pitching. Untuk memberikan proses penilaian yang adil dan akurat, PGA juga melibatkan tim independen seperti lembaga survey independen dari Australia, Roy Morgan dan Ernst & Young.

Ajang penghargaan bagi industri pertelevisian Indonesia ini di tahun 2017 ini akan memberikan 24 penghargaan untuk 18 kategori terfavorit pilihan keluarga ditambah  6 kategori terbaik pilihan dewan juri.

”Dalam rangka menjaga dan memastikan penyelenggaraan Panasonic Gobel Awards ke-20, ajang bergengsi ini telah memulai rangkaian acara dengan proses pitching. Penyelenggaraan Panasonic Gobel Awards ke 20 ini sendiri juga akan melibatkan pihak independen seperti Roy Morgan dan Ernst & Young dan juri yang kompeten dibidangnya,” pungkas Wendy Sofyan selaku Chairman Panasonic Gobel awards ke-20.

Di ajang PGA ke 20 ini, seluruh nominasi yang didapat merupakan hasil riset dari Roy Morgan dengan melakukan survey secara langsung dengan melibatkan 2000 responden di 23 kota besar di 17 propinsi di Indonesia. Di mana survei tersebut dilakukan langsung ke penonton televisi untuk mengetahui program acara  yang jadi favorit  masyarakat dengan masa periode tayang selama Agustus 2016 hingga Juli 2017.

“Pemilihan ini melibatkan 2000 responden dari 23 kota besar di 17 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan oleh tim kepada penonton televisi untuk mengetahui program yang digemari, top of mind atau yang diingat secara spontan dan yang masih tayang mulai Agustus 2016 – Juli 2017. Sistem voting lewat SMS menjadi penentuan suara terbanyak dari masing-masing nomine dengan dibantu oleh tim Pogu Media dan Ernst & Young untuk menjaga akurasi. Pemirsa bisa melakukan voting 19 September – 19 Oktober pukul 23.59 WIB,” sambung Wendy Sofyan.

Sementara itu selain RCTI, MNCTV dan Usee TV sebagai Official Broadcaster. Perhelatan Panasonic Gobel Awards ke-20 juga akan disiarkan lebih luas lagi. Ajang penghargaan bagi insan pertelevisian Indonesia ini tak hanya disiarkan di Indonesia, tetapi disiarkan hingga ke Malaysia.

”Selama 20 tahun PGA (Panasonic Gobel Awards) berdiri, ini pertama kalinya ditayangkan di tv luar, artinya ini akan ditayangkan di Malaysia,” kata Penyelenggara Panasonic Gobel Awards Rama Datau di Kantor Panasonic, Dewi Sartika, Jakarta Timur, Senin (18/9).

Luasnya penyiaran PGA ini menandakan Indonesia sudah mulai naik tingkat. Dengan demikian, ajang penghargaan bergengsi ini tak hanya bisa dinikmati masyarakat Indonesia saja, juga warga negara lain. Adanya kemajuan ini pun diharapkan bisa meningkatkan industri pertelevisian Tanah Air.

”Ini artinya kita sudah mulai naik tingkat dan penghargaan kita sudah bisa dinikmati diluar. Harapannya nggak cuma ditayangkan di luar negeri, tapi juga nominasinya dari luar negeri, minimal tingkat Asia. Biar industri Tanah Air semakin meningkat,” harap Rama.

 

Berita terkait:
– Inilah Daftar Lengkap Nominasi Panasonic Gobel Awards 2017
– Televisi MNC Group Borong Penghargaan Indonesian Television Awards 2017