Berpikir Kreatif Melampaui Masa Kini

0
1413

ADVERTISING-INDONESIA.id – Selalu menjadi pertanyaan, apa yang akan terjadi pada bumi ini 100 tahun ke depan? Di saat semua orang mempertanyakan nasib bumi, orang-orang kreatif sudah berani menyimpulkan apa yang akan terjadi. Minimal melalui karya yang dibuatnya.

Seperti iklan Volvo yang tayang pada tahun 1985 atau persisnya 32 tahun yang lalu. Di iklan ini menampilkan copy yang menuliskan: “The Space Vehicle That Could Transport Into the 21st Century” atau jika ditafsirkan dalam bahasa Indonesia berarti: Kendaraan yang Bisa Anda Membawa ke Abad 21”. Tentu saja, dalam konteks ini kita melihat bagaimana kecanggihan sebuah mobil yang bisa membawa penumpangnya ke masa depan. Masa dimana belum dipikirkan oleh kompetitor Volvo.

Jika kita melihat iklan ini di era sekarang, tentu tidak ada yang istimewa. Itu karena kita bisa melihat bagaimana teknologi mobil masa kini sudah luar biasa. Namun jika kita melihat iklan Volvo di era 80-an, maka inilah sebuah iklan yang benar-benar melakukan terobosan. Iklan ini tidak berbicara yang spesifik teknologi tertentu yang dimiliki Volvo. Misalnya, Volvo tidak bicara tentang kekuatan mesin ataupun teknologi rem. Hal tersebut lebih terkesan sebagai komunikasi yang taktikal sehingga membuat kompetisi dengan kompetitor tidak ada habisnya. Mungkin saja, jika Volvo melakukan campaign dengan teknologi mesin V6 maka BMW melakukan campaign teknologi mesin V8. Atau Volvo melakukan campaign soal keselamatan dengan sabuk pengaman yang canggih. Alih-alih BMW malah mengkampanyekan teknologi airbag. Begitu saja terus, semua saling klaim punya fitur canggih. Hal ini malah menghabiskan energi dan budget campaign karena Volvo dan kompetitornya tak habis-habis mengklaim memiliki teknologi terdepan.

Untuk menjadi seorang kreatif membutuhkan imajinasi yang kuat serta relevansi dengan konteks dan strategi marketing sebuah brand

Apa yang dilakukan oleh advertising agency Volvo yaitu United Technologies, In House, Hartford CT adalah dengan “mengunci” persepsi target market yang mencari mobil impian. Di era 1985, mobil yang bersaing di masa itu sangat banyak yaitu Buick, Audi, BMW, Chevrolet, Ford hingga Honda. Apa yang dilakukan oleh Gordon Bowman (Art Director), William Wondriska (Designer), dan Jay Maisel (Photographer) adalah mengekspresikan insight dari target market yang menginginkan mobil yang lengkap dan sempurna hingga melampaui mobil yang ada di era tersebut.

Melalui iklan ini, United Technologies, In House, Hartford CT mendapatkan penghargaan Silver Award dari editor penerbit Idea Special Issue di tahun 1985. Hal ini membuktikan bahwa untuk menjadi seorang kreatif membutuhkan imajinasi yang kuat serta relevansi dengan konteks dan strategi marketing sebuah brand. Bagi seorang kreatif, berpikir melampaui masa kini bukanlah hal yang tabu. Hal tabu bisa terjadi jika imajinasi Anda tidak relevan dengan konteks yang client inginkan atau brief yang client buat. Jadi, jika Anda seorang kreatif tapi masih takut berpikir melampaui masa kini? Kini saatnya untuk meningkatkan kreatifitas Anda ke tingkat yang lebih tinggi karena hal tersebut telah dibuktikan 32 tahun yang lalu melalui iklan Volvo.

 

Berita terkait:
– Hindari Overconfidence, Berdamailah Dengan Client
 Seni Mengelola Orang Kreatif dan Kreatifitas
– Pentingnya Memahami Tahap Processing Dalam Menyiapkan Strategi Kreatif
– WPP Persiapkan Langkah Global di Bidang Design dan Brand Consultan Mulai 2018