Pentingnya Memahami Tahap Processing Dalam Menyiapkan Strategi Kreatif

0
480

ADVERTISING-INDONESIA.id – Banyak iklan yang sukses mendorong pembelian atau setidaknya menciptakan efek komunikasi yang positif seperti purchase related behavior namun banyak juga yang gagal. Para praktisi periklanan baik konvensional maupun digital perlu diingatkan bahwa terjadinya penjualan atau pembentukan positive behavior hanya bisa terjadi jika sebuah iklan sukses melewati tahapan-tahapan buyer response sequence. Ada empat tahapan dalam buyer response sequence yaitu: Exposure, Processing, Communications effect dan Action. Dari keempat tahapan ini, processing menjadi tahap yang sangat krusial dan menentukan sukses iklan. Setiap iklan, baik yang dimunculkan lewat media konvensional maupun media digital pasti melewati ujian atau tahapan processing ini.

Tahap pertama dalam buyer response sequence adalah exposure yaitu tahapan dimana audiens berkesempatan diterpa oleh iklan (opportunity to see). Pada tahap ini audiens atau pembeli potensial memiliki kesempatan yang terbuka untuk melihat atau mendengar atau menonton suatu iklan lewat berbagai media iklan pilihan. Pemilihan media iklan yang tepat dan tingkat frekuensi penayangan iklan yang pas akan menciptakan opportunity to see yang tinggi. Para media planner memiliki tugas yang sangat penting dalam membangun perencanaan media yang secara kuantitatif berpotensi menciptakan opportunity to see yang tinggi.

Namun tidak cukup jika hanya mengandalkan angka-angka opportunity to see. Banyak iklan yang ditayangkan dengan frekuensi yang tinggi atau dengan biaya penayangan iklan yang besar justru gagal total dan tidak memberi dampak terhadap penjualan. Pertarungan merebut benak audiens akan terjadi pada tahap kedua yang justru sangat krusial yaitu processing. Processing adalah tahap kedua yang berada diantara tahap exposure dan tahap pembentukan efek komunikasi (communication effect). Processing dimaknai sebagai respon cepat (immediate respon) audiens terhadap elemen-elemen iklan yang timbul sesaat atau segera setelah audiens melihat, mendengar atau diterpa suatu iklan.

Pada tahap processing, audiens akan terlibat dengan empat aktifitas yang terjadi secara bersamaan dan cepat yaitu: attention (memberi perhatian), learning (belajar dengan melibatkan logika), acceptance (rasa nyaman) dan emotion (berkaitan dengan sikap dan motivasi). Keterlibatan short term atau active memory diakui sangat tinggi pada saat tahap processing sedang berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here