“Kicauan” Penyiar Radio Pengaruhi Industri Radio Saat Ini

0
1860

ADVERTISING-INDONESIA.id – Berdasarkan survey Nielsen 2017, menjelaskan bahwa peran presenter radio masih memegang peranan penting bagi aktifitas radio. Kemampuan komunikasi seorang penyiar menjadi salah satu kunci bagaimana sebuah radio bisa mendapatkan pendengar dalam jumlah yang besar.

Nielsen pada bulan Juli lalu baru saja meliris hasil surveynya ke 104 radio dengan melibatkan 8.400 responden di 11 kota di seluruh Indonesia. Dari hasil survey tersebut terdapat topik pertanyaan: Mengapa orang mendengarkan radio (%)?

Berdasarkan variable tersebut menempatkan bahwa peran penyiar radio atau Presenter Persona menempati urutan keempat yaitu mencapai sebanyak 24%. Hal ini menempatkan variable Presenter Persona dibawah variable; Song Update 31%, Mood Booster 29% dan Program Reference 25%. Ketiga variable tersebut memang menempati urutan diatas Presenter Radio namun variable Persenter Persona menjelaskan bahwa bentuk komunikasi interaktif antara penyiar dengan pendengar masih sangat kuat.

penyiar semakin terasa apalagi dengan adanya sosial media seperti Instagram, Facebook atau Twitter pribadi sang penyiar mampu membangun komunikasi lebih luas melampaui ruang dan batas antara penyiar dan pendengarnya.

Bagi industri radio, hasil survey ini bisa menambah informasi strategis demi peningkatan kualitas serta bisnis radio di Indonesia. Meskipun durasi Life Cycle penyiar ada batasnya, namun kejelian serta intuisi pengelola radio dalam mengelola penyiar radio akan berdampak pada daya saing radio di industri saat ini. Apalagi dengan keahlian penyiar radio dalam melakukan pendekatan persuasive kepada pendengarnya, bagaikan kicau mantra yang dahsyat yang hanya bisa dilakukan oleh penyiar radio.

Foto: PramborsFM

Data: Survey Nielsen 2017

 

Berita terkait:
– Kompas Gramedia Luncurkan Portal Situs Otomotif Terbaru
– Seni Mengelola Orang Kreatif dan Kreatifitas
– Berpikir Kreatif Melampaui Masa Kini
Tantangan Mengintegrasikan Media Segmented Ke Dalam Media General