Truth Well Told, Credo McCann Worldwide yang Legendaris

0
1796

ADVERTISING-INDONESIA.id – Advertising agency global dikenal mempunyai credo korporasi yang menyatu dengan hati, pikiran, dan tindakan para professionalnya. Credo adalah bahasa latin yang secara literal berati “I believe”. Sebagian credo ini sudah berusia ratusan tahun dan bergaung menjangkau ratusan negara dan menyemangati ribuan professional periklanan dunia. Para profesional agency yang bekerja di perusahaan-perusahaan ini paham betul bahwa credo ini harus mereka benamkan dalam hati dan pikiran mereka dan seringkali credo ini menjadi simbol atau identitas sekaligus kebanggaan mereka.

Banyak worldwide agency yang mempunyai credo yang fenomenal seperti TBWA yang mempunyai credo ”It’s All About Speed”, Saatchi dengan credonya “Nothing is Impossible”, BBDO memiliki credo atau filosofi kerja yang unik yaitu “The Work, The Work, The Work”, kemudian Dentsu dengan filosofi kerja “Good Innovation”.

Salah satu credo advertising agency yang sudah melegenda dan mewarnai perjalanan panjang industri advertising  global adalah Truth Well Told. Praktisi periklanan yang pernah berkarir di McCann-Erickson (nama awal dari McCann World Group) pasti mengenal credo ini. Sekilas kembali ke sekitar tahun 1992, Grafik Advertising memutuskan melakukan afiliasi dengan McCann Erickson. Para praktisi Grafik Advertising pada masa itu pasti sangat mengenal credo ini. Beberapa praktisi advertising Indonesia yang sempat berkarir di Grafik-McCann seperti Lulut D Asmoro, Indra Jaya Sihombing, Randi Rinaldi, Johan Jahya, Syafrizal, dan Gandhi Suryoto, sangat akrab dengan credo ini. Mereka seolah tersihir dengan makna yang terdapat di balik credo ini.

Pada masa itu Grafik McCann-Erickson adalah salah satu agency papan atas Indonesia yang menangani sejumlah brand besar seperti Johnson & Johnson, Cathay Pacific, Nescafe, Nestle, Polo, General Motor Indonesia, Coca-Cola. Seiring perjalanan dan perubahan industri advertising global, saat ini McCann berada di bawah payung Interpublic Group Companies dan memiliki jaringan di lebih dari 100 negara di dunia. Credo ini masih terus menjadi believe atau filosofi korporasi McCann.

Manajemen McCann worldwide menyebut bahwa credo ini adalah filosofi kreatif dan visi global kolaboratif. Seperti makna literalnya, credo adalah ‘I Believe’ dan profesional McCann percaya bahwa kata TRUTH mengandung makna ide yang otentik dan penuh kekuatan.

 

Berita terkait:
– Mari Berpikir Skematik
– Menjawab Tantang Besar Profesi Account Management
– Filosofi Biro Iklan Terkenal: Bates, DBWA, dan DDB 
– Pemahaman Awal Tentang Disruption