Indra Yudhistira Ramadhan, Direktur Utama IEP inhouse production SCTV dan Indosiar :
Nasib Industri Pertelevisian di Indonesia Terancam Punah

0
1686

 


ADVERTISING-INDONESIA.id – Perkembangan teknologi digital tak bisa dihindari sebagai bagian kehidupan manusia. Perubahan ke era digital ini, membawa perubahan pada pola-pola kebiasaan manusianya. Manusia harus mau mengikutinya baik sebagai bagian dari  lifestyle maupun dalam dunia usaha, termasuk media massa, yang kian berubah baik dari sisi medianya (perangkatnya) dan cara mendapatkan informasinya.

Sisi perangkatnya sesuai perkembangan teknologi, media cetak semakin ‘ditinggalkan’ dan ‘tinggal kenangan’ menjadi bagian sejarah dari media massa. Kini digantikan oleh media online. Demikian pula dengan media elektronik, televisi yang lambat laun menuju ‘senjakala’, dan akan pula tergerus oleh media digital.

Menurut data survey, Indonesia adalah negara tertinggi yang pertumbuhan pengguna internetnya mencapai angka 19 %. Sedangkan Amerika hanya 1 %.  Angka persentase pertumbuhan tersebut juga menandakan nila E-Commerce Indonesia tumbuh sangat pesat dalam 5 tahun terakhir ini, yakni sekitar 59 % per tahun.

Dulu pernah ada yang bilang kalau internet tidak akan membunuh media cetak, tapi realitasnya beberapa tahun belakangan banyak media cetak yang berguguran. Sejurus dengan hal itu sekarang industri pertelevisian lambat laun juga diprediksi akan terancam punah. Untuk itu, dari sekarang industri pertelevisian harus berbenah diri sekaligus mempersiapkan dirinya beralih ke ranah digital.

Demikian pemaparan yang disampaikan oleh Indra Yudhistira Ramadhan, selaku Direktur Utama Indonesia Entertainment Produksi (IEP) inhouse production dari SCTV dan Indosiar, ketika berbicara dalam forum Semiloka bertajuk “TV vs Digital” yang diselenggarakan Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia, di Bogor, belum lama ini.