Pendekatan Fungsional Interactive Advertising

0
1791

Rodgers dan Sheldon dalam sebuah buku berjudul Digital Advertising, (Theory and Research) menyebutkan empat motif yang mendorong seseorang menggunakan internet: researching, communicating, surfing dan shopping.  Ragam motif ini terbukti sangat mempengaruhi reaksi pengguna internet terhadap iklan-iklan di media online.  Reaksi seseorang terhadap iklan media online terbukti berbeda-beda sesuai dengan motifnya masing-masing.  Para pengiklan pun menjadi sangat terbantu kemudian dalam menentukan bentuk iklan serta menyiapkan iklan yang betul-betul mampu menarik perhatian audiens.

Bagaimanapun, setiap orang yang sedang menggunakan internet sangat mungkin memiliki lebih dari satu motif ketika hendak memasuki dunia siber dan motif ini sangat potensial untuk berubah di tengah aktifitas online mereka, ketika misalnya melihat atau berhadapan dengan stimuli yang tidak diharapkan atau stimuli  yang menginterupsi secara tiba-tiba.

Lewat pandangan fungsional kita memperoleh pemahaman bahwa seseorang yang memiliki motif yang lebih tegas seperti peneliti (researcher) pasti memiliki tujuan penggunaan internet yang jelas dibanding mereka yang memiliki motif berselancar yang cenderung mencari hiburan tanpa tujuan yang lebih spesifik.  Motif dan tujuan disebut ternyata sangat menentukan level pengolahan informasi seseorang terhadap iklan online.