
ADVERTISING-INDONESIA.id – Di tahun 2010 Honda Motor keluar dengan kampanye One Heart. Dari TVC yang dibintangi oleh Nidji muncul dengan dominasi warna merah. Warna merah yang frontal berbeda dengan corporate color sebelumnya yang berwarna biru. Sejauh apa warna merah One Heart mempengaruhi emosional target marketnya?
Dalam sebuah artikel Neil Patel & Ritika Puri yang berjudul The Complete Guide to Understanding Consumer Psychology menjelaskan bahwa warna begitu memiliki peran sangat penting untuk sebuah desain. “Warna memiliki nilai yang melampaui estetika. Warna adalah suatu hal yang berada di sekeliling kita. Tapi kita jarang sekali berpikir bahwa hal tersebut berdampak terhadap kita,” tulis Neil Patel.
Neil Patel dan Ritika Puri membagi warna kedalam 3 kelompok dasar. Ketiga kelompok dasar tersebut menjadi dasar untuk turunan emosi warna. Dalam tingkat dasar ini memang mudah untuk dihapalkan. Setiap kelompok memiliki karakter yang jelas dan warna ini menjadi elemen dasar sebelum masuk ke karakter emosi warna.
“Tri Warna”
– Pure: Warna-warni ini tidak dicampur dengan warna lain. Warna ini biasanya memiliki warna dasar yang cerah sehingga relevan dengan spirit anak muda, ceria, enerjik ataupun “keren”.
– Tints: Warna-warni ini sudah dicampur dengan warna putih. Warna ini menyampaikan emosi yang lebih “ringan”, teduh dan santai. Warna-warni ini juga membentuk citra feminin yang relevan dengan kesehatan dan kecantikan.
Setiap kelompok memiliki karakter yang jelas dan warna ini menjadi elemen dasar sebelum masuk ke karakter emosi warna.
– Shades: Warna-warni ini telah dicampur dengan warna hitam yang memberikan kesan misterius, kelam dan emosi yang menyeramkan. Warna “Shades” dapat menghasilkan gradasi warna yang bagus ketika dipadukan dengan warna “Pure” ataupun nuansa yang lebih terang.
Makna Warna Berdasarkan Geografis
Bagi seorang Art Director, pilihan warna seringkali begitu luas. Apalagi jika produk yang di desain adalah produk untuk wanita. Cobalah untuk memahami matrix Cultural Context of Color. Inilah matrix yang memudahkan Art Director dan Creative Director untuk membangun sebuah karya iklan.




























menginspirasi. lanjutkan min…