Peluang Media Tradisional Dalam Membangun Attention

0
343


ADVERTISING-INDONESIA.id – Jika attention semata-mata diterjemahkan sebagai tindakan atau jika impression tidak lagi diterima sebagai salah satu ukuran attention maka ruang bagi media tradisional untuk berdiri sebagai media komunikasi brand jelas akan semakin sempit bahkan bisa benar-benar hilang atau lenyap.

Dalam konteks komunikasi brand, pertama-tama yang harus dibangun adalah attention sebab semua tindakan lanjutan terhadap brand pasti berawal dari attention. Tanpa attention maka peluang untuk membangun penjualan hampir mustahil bisa dilakukan. Hingga saat ini, posisi advertising sebagai salah satu teknik komunikasi brand yang dianggap mampu membangun attention secara efektif masih tetap bertahan. Lewat advertising, para pemilik brand bisa membeli dan membangun attention. Advertising adalah kegiatan komunikasi brand yang dilakukan dengan membeli ruang-ruang media. Melalui advertising, para pemilik brand berkesempatan membangun attention dengan membeli ruang-ruang pada media digital maupun tradisional.

MEDIA DIGITAL SEMAKIN KUAT

Dewasa ini, penggunaan media digital atau web marketing terus meningkat sementara media tradisional cenderung menurun. Para pemilik brand dan media planner terus aktif dalam mencari saluran-saluran digital yang dinilai mampu memberi hasil yang paling efektif dan efisien dalam membangun attention dan penjualan. Peran media digital dalam membangun attention cenderung semakin menonjol terutama karena lewat media online suatu brand memiliki kesempatan membangun attention secara gratis lewat earned media atau free media. Gagasannya sangat sederhana, dimana suatu brand bisa menciptakan materi komunikasi yang sangat menarik dan mempublikasikannya secara gratis melalui channel You Tube, blog, atau media-media sosial lain. Hasilnya? Target audiens bisa dengan segera memberi perhatian (attention) kepada brand dan brand mendapatkannya secara gratis.

Para pemilik brand merasa tertantang untuk terus menciptakan dan menyebarkan materi-materi komunikasi brand yang kreatif dan menyenangkan sebab akses terhadap internet semakin hari semakin terbuka, murah bahkan free access facility semakin mudah ditemukan di area publik. Para pembeli atau buyers tidak saja semakin aktif dalam mencari sendiri informasi-informasi tentang brand lewat berbagai channel digital namun juga melakukan review secara personal terhadap mutu produk, layanan bahkan pesaing brand yang mereka sedang amat-amati. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here