
ADVERTISING-INDONESIA.id – Nielsen Indonesia baru saja merilis hasil survey terbaru untuk kategori Adspend atau belanja iklan untuk radio pada hari Rabu (13/9) kemarin di kantor Nielsen, Jakarta. Survey ini dilakukan selama periode Januari – Juli 2017 dengan melibatkan 104 stasiun radio di 11 kota dengan total 8.400 responden. Survey ini berdasarkan gross rate card dan tidak memperhitungkan bonus, promo dan diskon. |
Menurut Nielsen, radio saat ini didengarkan oleh sekitar 37% dari populasi atau setara dengan kurang lebih 20,2 juta pendengar di 11 kota dengan lama waktu mendengar rata-rata hingga 129 menit per hari. Angka penetrasi radio bervariasi di 11 kota dengan Palembang sebagai kota dengan penetrasi tertinggi yaitu hingga 98%.
Pendengar menggunakan radio tidak hanya sebagai music player tetapi juga dipengaruhi oleh preferensi terhadap program (25%) dan juga karakter presenter (24%). Kedua hal tersebut menjadi kekuatan unik radio yaitu kemampuannya untuk berinteraksi dengan pendengar, sesuatu yang tidak dimiliki oleh alat pemain musik lainnya.