Daya Tahan Industri Radio Membawa Optimisme Pengiklan

0
3089
Hellen Katherina, Executive Director Media Nielsen, memaparkan belanja iklan radio Januari – Juli 2017 di kantor Nielsen di Jakarta Rabu (13/9) kemarin
ADVERTISING-INDONESIA.id – Nielsen Indonesia baru saja merilis hasil survey terbaru untuk kategori Adspend atau belanja iklan untuk radio pada hari Rabu (13/9) kemarin di kantor Nielsen, Jakarta. Survey ini dilakukan selama periode Januari – Juli 2017 dengan melibatkan 104 stasiun radio di 11 kota dengan total 8.400 responden. Survey ini berdasarkan gross rate card dan tidak memperhitungkan bonus, promo dan diskon.

 

Menurut Nielsen, radio saat ini didengarkan oleh sekitar 37% dari populasi atau setara dengan kurang lebih 20,2 juta pendengar di 11 kota dengan lama waktu mendengar rata-rata hingga 129 menit per hari. Angka penetrasi radio bervariasi di 11 kota dengan Palembang sebagai kota dengan penetrasi tertinggi yaitu hingga 98%.

Pendengar menggunakan radio tidak hanya sebagai music player tetapi juga dipengaruhi oleh preferensi terhadap program (25%) dan juga karakter presenter (24%). Kedua hal tersebut menjadi kekuatan unik radio yaitu kemampuannya untuk berinteraksi dengan pendengar, sesuatu yang tidak dimiliki oleh alat pemain musik lainnya.