ANA Memilih Y&R New York sebagai “Agency of Record”

0
1262


ADVERTISING-INDONESIA.id – All Nippon Airlines (ANA) sebagai maskapai penerbangan terbesar di Jepang memutuskan Y&R New York sebagai “Agency of Record”. Hal ini tentu berbeda dengan tradisi dimana kampanye sebuah brand negara tertentu biasanya di pegang oleh advertising agency yang berasal dari negara yang sama. 

Y&R New York mendapat tugas untuk meningkatkan pasar ANA di Amerikat Serikat dengan bekerjasama para peneliti dan brand research Y&R BAV & BAV Social Tools. Semua elemen tersebut bertugas untuk meningkatkan pasar ANA di Amerika Serikat melalui riset dan tentunya hasil karya kreatifitas Y&R.

Tadashi Matsushita, ANA Vice President of Strategic Planning of Americas mengungkapkan alasan pemilihan Y&R sebagai Agency of Record untuk ANA. “Seiring dengan pertumbuhan ANA di Amerika Serikat, sangat penting bagi kami untuk menemukan agency yang memiliki pengetahuan dan sumber daya strategis yang luar biasa. Selain itu, hasil kreatifitas yang telah terbukti akan menjembatani budaya dan mendorong pasar yang lebih baik,” ungkap Tadashi.

Peristiwa ini membawa pesan tersendiri bagi industri advertising di dunia bahwa kreatifitas masih menjadi nilai utama sekaligus lokomotif dalam bisnis ini. Biasanya, sebuah brand yang  berekspansi ke luar negeri dan melakukan campaign, maka campaign itu dipegang oleh agency yang berasal dari negara yang sama dengan asal brand. Namun kini rekam jejak dari karya kreatifitas Y&R mampu menembus tradisi bisnis advertising secara global. Apalagi peristiwa ini adalah peristiwa yang pertamakali dilakukan oleh ANA yaitu menunjuk Y&R sebagai Agency of Record.

(Dari berbagai sumber)


– Singapore Kembangkan Artificial Intelligence untuk Warganya
– ShopBack di Suntik 338 Miliar
– Selalu Ada Cara untuk Melawan “Raksasa”
– Iklan Inspiratif Seri Tulisan Iklan-Iklan Paling Inspiratif (2): ” JUST DO IT”