Penanyangan Iklan Saat Jeda Iklan dan Tayangan Brand Dalam Program TV
Strategi Media Advertising Terus Mengikuti Perilaku Pemirsa

0
1090


ADVERTISING-INDONESIA.id – Bagi pemilik brand, mengejar perilaku konsumen seolah tiada habisnya. Perilaku konsumen dalam hal ini adalah  para penonton TV Nasional yang memiliki kecenderungan mengganti channel disaat Jeda Iklan (Commercial Break).

Untuk itu cukup banyak brand dan Media Advertising Agency yang membangun strategi untuk mengejar penonton dengan melakukan “In-Program Ads” atau beriklan di dalam tayangan program TV. Tujuannya tak lain untuk mengejar target audience terutama di program-program favorit. Nielsen menemui fakta ini dan menjadi hal yang menarik untuk dianalisa bahwa ada 3 kategori brand besar seperti kategori Telekomunikasi, Kopi-Teh dan Aplikasi Online. Ketiga kategori brand tersebut mengkombinasikan iklan dengan menempatkan iklan di Jeda Iklan (Commercial Break) dan In-Program Ads di beberapa jenis program TV.

Hal yang menarik dari hasil suvey Nielsen adalah kategori Kopi-Teh, “In-Ads Program” tergolong cukup besar yaitu mencapai 63%. Menurut Hellen Katherina, Executive Director & Media Business Nielsen menjelaskan bahwa hal tersebut sangat wajar jika kategori Kopi-Teh cukup agresif melakukan penayangan di “In-Program Ads” karena Kopi-Teh termasuk barang yang cepat saji dan barang tersebut mudah ditemui di warung-warung yang dekat dengan rumah pemirsa. Apalagi produk Kopi-Teh banyak masuk ke dalam kategori program entertainment atau acara gosip dimana penontonnya sebagian besar adalah kaum wanita. Sementara itu, bagi kaum pria yang menyukai program berita dan olahraga juga ikut diterpa dengan iklan “In-Program Ads”.

Justru target pemirsa pria ini banyak diterpa brand yang berasal dari kategori Aplikasi Online dimana produk tersebut masuk ke dalam program tayangan berita dan olahraga. Untuk mengetahui seberapa besar brand yang aktif beriklan di Jeda Iklan dan “In-Program Ads”, berikut dibawah ini adalah hasi survey Nielsen seputar penyangan iklan atau produk di saat Jeda Iklan (Commercial Break) dan Dalam Tayangan Program (In-Program Ads):

 


– “In-Program Ads” di TV Punya Potensi Besar Tapi Masih Sebatas Bonus
– Mengintip Peluang Bisnis Media Placement Agency
– Mengenal Istilah Variasi “In-Program Ads” di TV
– Survey Nielsen: “In-Program Ads” Jadi Daya Tarik Bagi Industri Media & Periklanan