
Belajar dari kasus ini semestinya bisa jadi pelajaran bagi insan kreatif di Indonesia, khususnya pada desainer hijab. Perlu dilihat secara lebih luas bahwa hijab adalah penutup untuk kaum muslimah karena ajaran Islam mengajarkan hal itu. Ajaran Islam tersebut tidak bisa dipisah-pisah melainkan menjadi satu kesatuan dengan ajaran Islam secara keseluruhan. Muslimah juga diajarkan untuk menjauhi hal yang dinilai melanggar aturan agama Islam.
Apa yang terjadi pada Neelofa bisa membuat sudut pandang pengguna hijab menjadi berbeda-beda tergantung dari kepribadian dan pola pikir masing-masing. Ada yang positif, negatif dan ada juga yang netral. Tetapi daripada menciptakan kontroversi yang sensitif lebih baik orang kreatif memahami lebih luas tentang latar belakang pengguna hasil karyanya. Sebuah karya tentu tidak bisa dilepaskan dari unsur kebudayaan, agama hingga ideologi. Semua punya area tersendiri dan jika area tersebut dicampuradukan maka yang muncul adalah perdebatan. Lalu apa hasilnya bagi bisnis? Tidak ada kecuali berdebatan tiada akhir dari konsumen.
![]()
– Perencanaan Advertising: Agar Klien Paham, Apa itu Advertising Plan?
– Perlunya Membangun Komunikasi Teknis Dengan Klien
– Hasil Karya Kreatifitas: Jangan Sepelekan Penelitian dan Observasi untuk Kreatifitas
– Pentingnya Antisipasi Keluhan Pelanggan




























