Pemasaran Digital:
Menelusuri Kedahsyatan Pemasaran Digital (Bagian 2)

0
1008


ADVERTISING-INDONESIA.id – Pemasaran digital menjanjikan masa depan yang sangat positif bagi pertumbuhan sekaligus penjualan brand. Persaingan perebutan benak pelanggan secara luas masih akan terus terjadi dimana peran kunci media dan pemasaran digital akan semakin menguat. Penguasaan media digital terhadap audiens tampak semakin intensif dan meluas terutama dengan semakin hebatnya teknologi jaringan selular broadband yang saat ini sudah di level 4G. Medium digital masih akan terus berkembang dan motede pemasaran digital akan semakin variatif. Kampanye melalui media digital semakin menjanjikan pengukuran dalam tingkat presisi yang semakin tinggi.

Sebagai contoh, pengukuran kampanye melalui media-media sosial dapat diukur atau dianalisa dengan menggunakan social media analytic tools yang mampu menguraikan dengan rinci dampak kampanye media sosial yang sedang dilakukan, termasuk pesan yang paling banyak dicerna atau disimak oleh target audience, pesan yang paling banyak menghasilkan konversi, dan waktu yang dibutuhkan dalam merespon suatu pesan. Sejumlah tool yang dapat digunakan dalam menganalisa kampanye lewat media sosial (social media analytic tool) dapat ditemukan dengan mudah lewat internet atau media online.

Contoh lainnya adalah berbagai tool yang dikeluarkan oleh Google dalam menelusuri dan mengukur kualitas aktifitas digital yang dilakukan brand, seperti Google Analytics yang mampu mengukur atau menelusuri lalu lintas pengunjung suatu website berdasarkan informasi halaman yang dituju, perjalanan website sebelumnya, lama kunjungan yang dilakukan, posisi geografis pengunjung, bahkan segmentasi pengunjung.

Masih ada beberapa keunggulan absolut pemasaran digital yang semakin menguatkan para pengelola brand dalam menggunakan pesan dan media digital dalam mengomunikasikan brand, yaitu:

  • Pemasaran digital mampu menjangkau target yang dikategorikan sebagai pembeli ideal.

SEO adalah salah satu alat yang memungkinkan brand menempatkan pesan baik teks maupun gambar di berbagai website yang relevan dengan karakter brand dan terbukti sering dikunjungi oleh target audiens yang dikategorikan sebagai pembeli potensial. Sejumlah alat analisis pemasaran digital membantu pemilik brand dalam mencari, memilih dan berkomunikasi dengan audiens yang karakter demografisnya sesuai dengan brand. Kesesuaian pesan dengan target audiens akan menghasilkan Click-Through atau Interaction rate, Relevancy, dan Landing Page Quality yang tinggi

Metode pemasaran digital pada akhirnya memberi keleluasaan bagi para pemilik brand mengelola biaya-biaya pemasaran dengan lebih tepat. Pesan disampaikan tanpa kekhwatiran terjadinya ketidaktepatan target, atau dengan kata lain strategi kampanye brand benar-benar fokus dan bekerja dengan baik.