Radio, Media Yang Masih Kuat Dan Relevan

0
856


Banyak pengiklan yang secara perlahan-lahan mengurangi porsi peran radio sebagai media komunikasi brand sekalipun menurut sejumlah lembaga penelitian termasuk Nielsen Indonesia jumlah pendengar radio di Indonesia masih cukup besar.

Berdasarkan data penetrasi media yang dikeluarkan oleh Nielsen Indonesia pada bulan september 2017 (wave 3), disebutkan bahwa radio menempati urutan keempat setelah televisi, media luar ruang, dan internet sebagai media yang paling banyak dikonsumsi oleh penduduk berusia 10 tahun ke atas di 11 kota besar Indonesia yang disurvey oleh Nielsen. Radio bahkan mengalahkan koran, bioskop, majalah dan tabloid.

Dalam status sebagai media konvensional, radio masih berperan penting dalam menyajikan informasi dan hiburan kepada publik terbukti dengan masih banyaknya orang yang mengaku mendengar radio baik karena sudah menjadi kebiasaan (habitual) maupun alasan-alasan khusus atau discretional.  Musik, informasi lalu lintas atau traffic report, bincang-bincang atau talks menjadi  tiga jenis program atau genre program radio yang saat ini paling banyak diminati oleh pendengar.  Panduan para penyiar radio yang dikenal kocak dan dinamis yang digabung dengan sapaan-sapaan personal telah membuat radio terus diminati para pendengar bahkan semakin dicintai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here