Atribut Pokok Media Luar Ruang dan Radio

0
425


ADVERTISING-INDONESIA.id – Penempatan iklan pada media 
media luar ruang (out of home) pada umumnya disesuaikan dengan aspek kedekatan atau pengaruh lokasi terhadap titik-titik penjualan atau pembelian produk. Misalnya, iklan oli yang dipasang pada media luar ruang yang terletak di jalan tol secara eksplisit memiliki hubungan dengan lokasi penjualan oli di jarak atau titik-titik terdekat dengan lokasi media. Sementara itu, penggunaan media luar ruang di berbagai titik yang berjauhan tidak lepas dari prinsip dasar atau premis penggunaan media luar ruang  yang menyatakan bahwa audiens yang dituju atau hendak diajak berkomunikasi tersebar secara luas dan mobile. Asumsi lain dari penggunaan media luar ruang sebagai salah satu media massa adalah adanya keyakinan pengiklan bahwa produk yang hendak dikomunikasikan tidak tepat jika dikomunikasikan melalui media yang customized.

Peran utama media luar ruang adalah menciptakan impressi yang cepat serta mengingatkan audens secara berulang tentang produk yang diiklankan. Iklan yang menggunakan media luar ruang juga ditujukan untuk menjaga dan mengingatkan audiens secara intensif tentang brand atau produk. Iklan pada media luar ruang diakui sangat relevan dalam menjaga potensi pembelian terhadap produk di masa depan dan hal ini dipercaya bisa berjalan dengan efektif jika iklan yang sama juga dimunculkan di media-media lain. Dengan kata lain, peran utama dari media luar ruang pada dasarnya adalah reminder dan reinforcing.

Pada kesempatan lain, radio juga sering mengambil peran ini atau menggantikan media luar ruang sebagai pengingat atau reminder. Iklan radio seringkali sangat fungsional dalam membantu audiens atau konsumen dalam mengingat pesan yang disampaikan lewat media televisi, bahkan lewat audio dan jingle yang menarik, iklan radio berpeRan kuat dalam membenamkan pesan iklan. Lewat mobilitas dan orientasi program radio yang sangat spontan dan sangat hidup, radio berperan kuat sebagai media yang sangat unik dalam sistim komunikasi brand

Kombinasi media luar ruang dan radio seringkali dilupakan atau hanya ditempatkan sebagai media pendukung hanya oleh karena pemahaman yang masih terbatas dari sebagian perencana media terhadap peran media-media ini. Radio adalah media massa yang bekerja secara unik dan personal sehingga perannya akan sulit digantikan sekalipun secara klasik radio dianggap sebagai perwakilan media konvensional yang terancam media digital.

Sama halnya dengan media luar ruang yang lewat perkembangan teknologi digital belakangan ini posisinya kembali menguat sebagai media alternatif bahkan sebagai media utama bagi berbagai produk massal.


– Radio, Media Yang Masih Kuat Dan Relevan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here