News Release:
Gambaran Antusiasme Debat Pilpres Pada Rating Televisi

0
1250

Melihat profil pemirsa televisi yang menonton ketiga program debat pilpres 2019, berdasarkan angka indexnya, tiga debat pilpres yang sudah berlangsung di tahun ini menjangkau cukup banyak penonton perempuan, penonton berusia 40 tahun ke atas dan penonton pada SES Upper Class secara konsisten. Lihat Gambar 2

Dari sisi share, sepanjang pelaksanaan debat pilpres 2019 (sesi 1-3) tampak bahwa debat kedua yang menampilkan Jokowi versus Prabowo dengan topik pembahasan Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Infrastruktur memperoleh share tertinggi sebesar 73,1 persen. Disusul debat sesi pertama Jokowi-Ma’ruf versus Prabowo-Sandiaga dengan topik Hukum, Ham, Korupsi, Terorisme (55%) dan debat sesi ketiga Ma’ruf Amin versus Sandiaga Uno yang membahas topik Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, Kebudayaan (44%)

Gambar 1 Rating TV Program Debat Pemlihan Presiden (semua stasiun TV)

Sumber: Television Audience Measurement – Nielsen Media

Gambar 2 Index Program Debat Pemilihan Presiden Tahun 2019

Sumber: Television Audience Measurement – Nielsen Media

Nielsen TAM di Indonesia melakukan pengukuran kepemirsaan atas semua televisi nasional terhadap lebih dari 8,000 orang berusia 5 tahun keatas di 11 kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin). Hasil pengukuran tersebut tertuang dalam nilai rating, share dan indeks. Nielsen Holdings plc (NYSE: NLSN) adalah perusahaan riset pengukuran dan analisis data global yang memberikan gambaran paling lengkap dan terpercaya yang tersedia bagi konsumen dan pasar di seluruh dunia.

 

 

– Konsumen Indonesia Tetap Optimistis di Akhir Tahun 2018
– Konsumen Indonesia Masih Optimistis