Persaingan Timpang Advertising Agency?

0
1778


ADVERTISING-INDONESIA.id – Advertising agency di era digital dituntut mengimbangi pergerakan lincah pemilik brand dengan  kesiapan infrastruktur (data dan alat) serta sumberdaya manusia yang kompeten.

Industri media yang berubah menjadi sangat digital telah mengakibatkan perubahan besar di tengah-tengah industri advertising. Pelaku industri advertising termasuk didalamnya  advertising agency lawas dengan segala perangkatnya dipaksa untuk mengubah model bisnis mereka mengikuti era baru teknologi digital bahkan beberapa diantaranya harus melakukannya dengan pontang-panting. Ada banyak perusahaan periklanan termasuk para praktisinya yang ditekan untuk berubah bahkan seolah dipaksa meninggalkan zona nyaman yang sudah sekian lama dihuni bak tak terusik. Ada yang berhasil dan banyak juga yang gagal dan terpaksa gulung tikar.

Ada banyak hal baru yang harus dipelajari termasuk misalnya pemahaman tentang pendefinisian target audiens, kemudian cara berkomunikasi baru yang lebih relevan hingga strategi pengelolaan belanja iklan yang lebih accountable.  Terminologi baru dalam konteks digital muncul dalam skala besar dan memaksa para praktisi periklanan belajar untuk memahaminya dengan segera sebab client juga sudah jauh lebih sadar akan hal tersebut. Kenyataannya, ada yang masih sulit dipahami dan diterapkan dengan alasan keterbatasan pengetahuan dan juga infrastruktur.